Minggu, 30 Juni 2019 00:32 WITA

Dokter Ungkap Alasan Mimpi Buruk Hadir Saat Tidur Kepanasan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Dokter Ungkap Alasan Mimpi Buruk Hadir Saat Tidur Kepanasan

RAKYATKU.COM - Tidak ada yang lebih baik daripada hari yang hangat dan cerah selama musim panas. Tapi tidak ada yang lebih buruk daripada malam musim panas yang membuat kita kesulitan untuk tidur.

Umumnya orang kerap membuka pakaian dalamnya agar tetap merasa sejuk saat tidur. Meski ternyata panas mungkin tidak hanya membuat kita merasa tidak nyaman secara fisik di malam hari.

Bisa juga berdampak pada mimpi kita atau lebih khusus mimpi buruk, dikutip dari Mirror Online, Minggu (30/6/2019).

Dr Neil Stanley, mantan ketua British Sleep Society telah mengungkapkan dengan tepat bagaimana panas meningkatkan peluang kita mengalami mimpi buruk.

"Agar kita bisa tidur nyenyak, kita perlu kehilangan sekitar 1C dari suhu tubuh internal kita, yang duduk di sekitar 37C," katanya kepada MailOnline.

"Kami biasanya kehilangan itu melalui kepala atau wajah kami, yang mencuat keluar dari selimut.

Loading...

"Jika kamu tidur di ruangan yang terlalu hangat, suhu inti tubuhmu tidak bisa kehilangan panas itu dan tidurmu akan terganggu."

Dia menambahkan bahwa jika tidur kita menjadi sangat terganggu sehingga kita kurang tidur, kita akan melihat 'intensitas tidur' yang lebih besar, yang mengarah pada aktivitas otak yang lebih besar.

Aktivitas ini menyebabkan orang mengalami fase tidur yang disebut REM, membuat mimpi lebih jelas dan memungkinkan kita untuk mengingatnya dengan lebih jelas.

Itu juga dapat menyebabkan mimpi menjadi lebih tidak menyenangkan, yang mengarah ke mimpi buruk.

Stanley juga berkomentar bahwa tidur pada suhu yang tepat dapat membantu memperbaiki dengkuran dan mencegah gangguan lain seperti sleep apnea.

Tags
Loading...
Loading...