Jumat, 28 Juni 2019 23:55 WITA

Beredar Video Antrean Panjang di PTSP, Kadis: Itu Video Lama, Silakan Cek 

Penulis: Deni Indrawan
Editor: Abu Asyraf
Beredar Video Antrean Panjang di PTSP, Kadis: Itu Video Lama, Silakan Cek 
Kepala DPM & PTSP Makassar, Firman Hamid Pagarra dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar Aryati Puspa Abady mengklarifikasi video yang beredar.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Sebuah video lama berdurasi 1 menit 22 detik yang menayangkan antrean layanan pencatatan sipil di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM & PTSP) Kota Makassar kembali viral di media sosial. 

Kepala DPM & PTSP Makassar, Firman Hamid Pagarra menyebutkan video itu diambil pada bulan Februari 2019. Saat pertama kali Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Makassar membuka gerai pelayanan di DPM & PTSP untuk mengurangi antrean panjang pengambilan KTP. 

“Saat itu antrean di Disdukcapil membeludak dari subuh hingga malam untuk pengambilan KTP yang tidak boleh diwakili. Akhirnya dengan pertimbangan tersebut dipindahkan lah delapan kecamatan ke DPM & PTSP,” kata Firman Hamid Pagarra, Jumat (28/6/2019).

Namun, Firman Hamid Pagarra menegaskan saat ini pelayanan di DPM PTSP Kota Makassar sudah kembali normal.

"Alhamdulillah, saat ini tidak ada lagi persoalan antrean panjang pengurusan capil di DPM & PTSP. Sudah tuntas. Bisa dicek langsung di dinas kami," terangnya.

Loading...

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar Aryati Puspa Abady mengaku hal tersebut memang pernah terjadi. Ada beberapa orang yang memprotes pelayanan perekaman e-KTP yang tidak boleh diwakili. Sementara kata dia, itu dilakukan demi keamanan data pribadi masyarakat.

"Semua untuk menjaga keamanan data. Jadi misalnya tertera jenis kelaminnya perempuan, pas diverifikasi KTP-el-nya kok laki-laki, kami tidak mau hal itu terjadi," jelasnya.

Warga yang berdomisili di Kecamatan Makassar, Mariso, Mamajang, Ujung Pandang, Ujung Tanah, Tallo, Wajo, dan Bontoala dapat mengurus dokumen kependudukannya di DPM & PTSP. 

Sementara warga yang bertempat tinggal di Kecamatan Rappocini, Tamalanrea, Biringkanayya, Panakkukang, Manggala, Tamalate, dan Kepulauan Sangkarrang tetap mengurus dokumen kependudukannya di Disdukcapil Makassar. 
 

Loading...
Loading...