Rabu, 26 Juni 2019 16:07 WITA

Pembangunan KotaKu di Palantikang Gowa Telan Rp 667 Juta

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pembangunan KotaKu di Palantikang Gowa Telan Rp 667 Juta
Ist.

RAKYATKU.COM, GOWA - Pembangunan KotaKu yang dilakukan di Jalan Palantikang, Kelurahan Katangka, Kecamatan Sombaopu, menelan anggaran sekitar Rp667 juta. 

Peletakan batu pertama program tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Perumahanan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Gowa, Abdullah Sirajuddin serta disaksikan langsung Leader KotaKu Provinsi Sulsel Kalla Manta, Koordinator KotaKu Wilayah IV Sulsel Nurliah Ruma, dan para perwakilan BKM di Kecamatan Sombaopu, serta masyarakat sekitar.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Syekh Yusuf Sejahterah Abd Azis Daeng Tola mengatakan, paket pengerjaan KotaKu di wilayah ini terdiri dari pembuatan sumur bor, bak penampungan air bersih, pengerjaan drainase serta penataan kawasan permukiman.

Pada pengerjaan tersebut menelan anggaran sekitar Rp667 juta yang bersumber dari dana BPM sebesar Rp591,950 juta dan swadaya masyarakat sekitar Rp75,5 juta. 

"Proyek ini akan dikerjakan selama 180 hari kerja atau selama enam bulan. Jika tidak ada halangan pengerjaan dilakukan mulai akhir Juni nanti hingga Desember 2019 mendatang," kata Azis, Rabu (26/6/2019). 

Loading...

Sementara itu, Nurliah Ruma menyampaikan dari total alokasi Bantuan Dana Investasi (BDI) di 10 kelurahan di Kecamatan Sombaopu sebesar Rp17 miliar telah cair sekitar 70 persen atau senilai Rp11,9 miliar di masing-masing rekening BKM. 

"Tujuh kelurahan diantaranya progresnya sudah cukup luar biasa karena sudah mencapai 50 persen, bahkan ada yang sudah diatas 50 persen. Sementara tiga kelurahan lainnya, yakni Kelurahan Tombolo, Samata dan Kalegowa sekalipun secara seremonial kami menunggu untuk peletakan batu pertama namun pengerjaan infrastrukturnya terus berjalan," ujarnya.

Dirinya pun menyampaikan terimakasihnya kepada Pemkab Gowa dan seluruh stakeholder terkait yang telah berkolaborasi dengan luar biasa untuk menghadirkan dana replikasi sehingga beberapa wilayah kumuh di Kecamatan Sombaopu dapat dibenahi dengan baik.

Loading...
Loading...