Rabu, 26 Juni 2019 15:05 WITA

China Tangguhkan Impor Daging Babi Kanada di Tengah Ketegangan

Editor: Suriawati
China Tangguhkan Impor Daging Babi Kanada di Tengah Ketegangan
Getty Images

RAKYATKU.COM - Pemerintah China telah menangguhkan beberapa impor daging babi dari Kanada.

Langkah ini dilakukan setelah pihak berwenang China menemukan pakan aditif yang dilarang dalam sejumlah produk daging babi yang diekspor dari Kanada.

Investigasi menemukan bahwa 188 sertifikat kesehatan yang melekat pada ekspor daging babi ke China telah dipalsukan.

China kini mendesak Kanada untuk mengambil "langkah-langkah efektif" untuk memastikan keamanan makanan yang dijual ke negara Asia.

"China segera menangguhkan impor produk daging babi dari perusahaan terkait setelah menemukan residu raktopamin dalam sejumlah barang yang dikirim dari Kanada," demikian pernyataan dari kedutaan besar China di Ottawa.

"Untuk melindungi keamanan konsumen China, China telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang mendesak dan meminta pemerintah Kanada untuk menangguhkan penerbitan sertifikat daging yang diekspor ke China sejak 25 Juni."

Loading...

"Kami berharap pihak Kanada akan mementingkan insiden ini ... dan mengambil langkah-langkah efektif untuk memastikan keamanan makanan yang diekspor ke China dengan cara yang lebih bertanggung jawab."

Langkah ini dilakukan ketika ketegangan politik antara kedua negara meningkat, pasca penangkapan eksekutif Huawei Meng Wanzhou di Vancouver.

Dua warga Kanada diduga telah ditahan di Tiongkok sebagai pembalasan atas penangkapan tersebut.

Sementara itu Meng telah mengajukan tuntutan perdata terhadap pemerintah Kanada, agen perbatasan dan polisi atas "pelanggaran serius" terhadap hak-hak sipilnya.

Loading...
Loading...