Rabu, 26 Juni 2019 11:01 WITA

Massa Mulai Berdatangan ke Patung Kuda, MUI Ingatkan Ini

Editor: Abu Asyraf
Massa Mulai Berdatangan ke Patung Kuda, MUI Ingatkan Ini
Massa Gerakan Kedaulatan Rakyat mulai berdatangan ke Patung Kuda, Rabu (26/6/2019).

RAKYATKU.COM - Peserta aksi kawal Mahkamah Konstitusi (MK) mulai berdatangan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Monas, Rabu (26/6/2019).

Peserta mulai dari anak-anak, remaja, bapak-bapak, hingga ibu-ibu tampak ikut serta. Mereka mengenakan atribut kain kuning yang dikalungkan di leher. Sedangkan remaja memakai peci dan sarung.

Koordinator Gerakan Kedaulatan Rakyat (GKR), Abdullah Hehamahua juga sudah hadir di lokasi. Peserta tampak melantunkan salawat. Ada juga yang membawa Alquran.

Rencananya, massa dari Persaudaraan Alumni (PA) 212 juga akan mengelar aksi di lokasi yang sama. Juru bicara PA 212 Novel Bamukmin mengaku sudah mengantongi izin dari polisi.

Terpisah, Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengapresiasi pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berketetapan hati untuk menempuh jalur hukum dalam menyelesaikan sengketa pemilu. 

loading...

Zainut Tauhid menyebut proses penyelesaian sengketa melalui hukum juga memberikan pembelajaran masyarakat untuk berdemokrasi secara sehat, dewasa, dan bermartabat. 

"MUI mengimbau kepada semua pihak untuk memberikan kepercayaan kepada para hakim mahkamah untuk memutus perkara dengan seadil-adilnya, jujur, dan penuh tanggung jawab baik kepada bangsa, negara maupun kepada Allah subhanahu wata'ala," kata Zainut Tauhid.

MUI juga mengimbau kepada semua pihak untuk bisa menerima keputusan majelis hakim dengan penuh kesadaran dan keikhlasan karena putusan Mahkamah Konstitusi bersifat final dan mengikat. 

"Putusan mahkamah harus dimaknai sebagai putusan yang terbaik untuk mengakhiri segala sengketa yang berkaitan dengan pemilihan umum, sebagaimana kaidah fikih; hukmul hakim ilzamun wa yarfa'ul khilaf (keputusan hakim adalah mengikat dan menghilangkan perbedaan)," tuturnya.
 

Loading...
Loading...