Rabu, 26 Juni 2019 09:27 WITA

Pemimpin ISIS Cabang Yaman Telah Ditangkap

Editor: Suriawati
Pemimpin ISIS Cabang Yaman Telah Ditangkap
Bendera ISIS

RAKYATKU.COM - Abu Osama al-Muhajer, Pemimpin Negara Islam (ISIS) cabang Yaman telah ditangkap.

Seorang juru bicara koalisi militer pimpinan Saudi di Yaman mengatakan, Al-Muhajer ditangkap dalam serangan 3 Juni di sebuah rumah yang berada di bawah pengawasan.

Juru bicara itu menambahkan bahwa beberapa anggota kelompok lainnya, termasuk kepala keuangannya, juga ditangkap dalam operasi 10 menit tersebut.

Dia tidak merinci lokasi rumah tersebut, tetapi mengatakan tidak ada korban sipil.

Selain penangkapan, mereka juga menyita senjata, amunisi dan perangkat telekomunikasi.

Pasukan Saudi dan Yaman menyebut operasi itu sebagai "pukulan signifikan terhadap kelompok teroris Daesh (ISIS), terutama di Yaman".

Loading...

Pernyataan itu tidak menyebutkan di mana para pria itu ditahan. Mereka juga tidak memberikan rincian mengapa militer Saudi mengumumkan keberhasilan serangan itu tiga minggu setelah itu terjadi.

Cabang ISIS Yaman didirikan pada akhir 2014. Pada awal 2015, koalisi yang didukung Barat yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Uni Emirat Arab melakukan intervensi di Yaman untuk mendukung pemerintah negara yang diakui secara internasional, setelah pemberontak Houthi menguasai ibukota Sanaa.

Sejak saat itu, perang telah menewaskan puluhan ribu orang Yaman dan mendorong jutaan orang ke jurang kelaparan.

Di lain sisi, ISIS telah meluncurkan serangkaian serangan di negara itu sejak dibentuk.

Serangan paling dahsyat terjadi pada Maret 2015, ketika pembom bunuh diri membuat ledakan besar di dua masjid Syiah di Sanaa, yang menewaskan 137 orang.

Tags
Loading...
Loading...