Rabu, 26 Juni 2019 04:00 WITA

Bisa Bikin yang Sama dan Lebih Murah, India Batal Beli Rudal Antitank Israel

Editor: Fathul Khair Akmal
Bisa Bikin yang Sama dan Lebih Murah, India Batal Beli Rudal Antitank Israel
Ilustrasi peluncuran rudal antarbenua.

RAKYATKU.COM - India batal membeli sistem rudal antitank buatan Israel. Harga rudal itu, 500 juta dolar Amerika Serikat. Keputusan itu diambil setelah Organisasi Pengembangan dan Penelitian Pertahanan (DRDO) India, meyakinkan pemerintah bahwa mereka dapat mengembangkan sistem rudal serupa dengan biaya yang lebih terjangkau.

"Upaya DRDO dalam pembuatan rudal antitank (MPATGM) berkembang dengan cepat," papar Indian Express seperti dilansir Kantor Berita Anadolu, Selasa (25/6/2019).

Disebutkan pula bahwa perusahaan itu berhasil menguji coba sistem rudal September lalu, dan mengklaim dapat mengirim sistem rudal ke Angkatan Darat India dalam kurun waktu dua tahun.

Kesepakatan untuk membeli 321 peluncur Spike dan 8.356 rudal dari kontraktor pertahanan Israel, Rafael Advanced Defense Systems, pertama kali dicapai pada Oktober 2014.

Loading...

Rafael yang bekerja sama dengan mitra lokalnya, Kalyani Group, telah membuka fasilitas produksi di India. Dikutip dari suara.com, pada Desember 2017, New Delhi membatalkan kesepakatan yang menguntungkan perusahaan lokal.

Namun, kesepakatan itu disahkan kembali pada Januari 2018 setelah kunjungan resmi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke India.

Tags
Loading...
Loading...