Sabtu, 22 Juni 2019 22:00 WITA

Amerika Serikat Bakal Deportasi Migran Ilegal

Editor: Andi Chaerul Fadli
Amerika Serikat Bakal Deportasi Migran Ilegal
FOTO: LM Otero / AP Foto

RAKYATKU.COM - Otoritas imigrasi Amerika Serikat berencana untuk meluncurkan upaya besar-besaran untuk mendeportasi keluarga-keluarga tak berdokumen yang baru tiba pada hari Minggu. Hal ini berdasarkan laporan Washington Post pada hari Jumat, mengutip tiga pejabat AS yang tidak disebutkan namanya.

Operasi itu diperkirakan akan menargetkan 2.000 keluarga yang menghadapi perintah deportasi di sebanyak 10 kota AS, termasuk Houston, Chicago, Miami dan Los Angeles, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (22/6/2019).

Seorang juru bicara untuk Imigrasi Amerika Serikat dan Penegakan Bea Cukai (ICE) menolak berkomentar, mengatakan: "Karena kepekaan penegakan hukum dan keselamatan dan keamanan personil Imigrasi dan Bea Cukai AS, agen tidak akan menawarkan rincian spesifik terkait dengan operasi penegakan sebelum kesimpulan dari tindakan itu."

Dalam panggilan dengan wartawan awal pekan ini, Mark Morgan, penjabat direktur ICE mengatakan kepada wartawan bahwa agensi itu akan menargetkan keluarga deportasi yang telah menerima perintah pemindahan dari pengadilan imigrasi AS.

Loading...

Morgan mengatakan ICE ingin mendeportasi keluarga tidak berdokumen yang baru saja tiba di Amerika Serikat untuk mencegah lebih banyak orang Amerika Tengah datang.

Trump telah tweeted pada hari Selasa, sebelum kickoff resmi kampanye pemilihan ulang tahun 2020, bahwa ICE akan mulai menghapus "jutaan" imigran tidak terdaftar di AS.

Ketua DPR Nancy Pelosi, Demokrat papan atas negara itu, menanggapi, dengan mengatakan, "Ancaman baru presiden terhadap pangkalan deportasi massal adalah tindakan kedengkian dan kefanatikan yang besar, yang dirancang semata-mata untuk menyuntikkan rasa takut di masyarakat kita."

Loading...
Loading...