Sabtu, 22 Juni 2019 02:00 WITA

Tim Jokowi Sebut Ponakannya Berbohong di MK, Mahfud MD Bilang Begini

Editor: Abu Asyraf
Tim Jokowi Sebut Ponakannya Berbohong di MK, Mahfud MD Bilang Begini
Mahfud MD

RAKYATKU.COM - Kesaksian Hairul Anas Suaidi di sidang MK dipersoalkan kubu Jokowi-Ma'ruf. Mereka menganggap kemenakan Mahfud MD itu berbohong terkait kehadiran Jokowi, Moeldoko, dan Ganjar Prabowo.

Politikus PDIP Arteria Dahlan dalam sebuah dialog di salah satu stasiun televisi tegas menyebut Anas berbohong. Alasannya, pelatihan saksi TKN itu tidak dibuka oleh Joko Widodo melainkan Erick Thohir.

Hal sama disampaikan Lukman Edy dari TKN. Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal di era Presiden SBY itu menyebut Anas tidak pernah mengikuti pelatihan dari TKN. 

Dalam kesaksiannya, Hairul menyampaikan pernah mengikuti pelatihan saksi atau Training of Trainer dari TKN di Hotel El Royale Jakarta pada Februari lalu. Hairul saat itu berstatus caleg Partai Bulan Bintang (PBB). 

"Hairul Anas tidak pernah mengikuti pelatihan saksi. Dia telah melakukan sumpah palsu dan menyebar kebohongan publik," ujar Ketua Panitia Pelatihan Saksi TKN Lukman Edy melalui keterangan tertulis, Kamis (20/6/2019). 

Lukman menyebut tudingan kecurangan yang dikatakan Hairul adalah halusinasi kebohongan belaka. Bahkan, menurut politikus PKB ini, Moeldoko tak pernah mengisi acara pelatihan tersebut.

"Pak Moeldoko hanya mengisi acara pada saat penutupan, dan beliau yang menutup. Sedang pembukaan dibuka oleh Erick Thohir," katanya. 

Tuduhan itu dibalas Dahnil Anzar Simanjuntak dan Andi Arief dari kubu 02.

"Sebagai penonton sidang MK, saya meyumbang ingatan digital mengkoreksi saksi TKN hari ini yang bilang Pak Jokowi tidak hadir TOT. Justru saksi BPN Anas yang lebih jujur menyatakan Pak Jokowi Hadir," cuit Andi Arief.

Loading...

Wakil sekjen Partai Demokrat itu mengunggah link berita Detikcom berjudul, "Disambut Cak Imin, Jokowi Hadiri Pelatihan Saksi TPS". Berita itu diterbitkan pada Rabu (20/2/2019) pukul 19.37 WIB.

"Sebelumnya, Anas juga disebut berbohong karena dituduh tidak hadir dalam pelatihan. Faktanya Anas hadir," sahut Dahnil Anzar Simanjuntak di akun Twitternya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD ikut mengomentari kesaksian Hairul Anas Suaidi dalam persidangan di MK. Menurut dia, keterangan yang disampaikan Hairul mentah dan tak terkait kecurangan.

Dalam keterangannya, Hairul Anas antara lain menyebut bahwa Moeldoko dalam materinya sempat menyampaikan kalimat bahwa kecurangan adalah bagian dalam demokrasi. Kalimat itu dipahami sebagai legitimasi untuk melakukan kecurangan.

"Kesaksiannya sih mentah menurut saya," lanjut Mahfud.

Sementara Moeldoko menepis tudingan Hairul soal kecurangan bagian demokrasi.

"Saya (waktu itu) mengatakan kepada (calon) saksi, hey hati-hati dalam sebuah demokrasi yang mengutamakan kebebasan maka kecurangan itu bisa saja terjadi, jadi kamu para saksi harus hati-hati," kata Moeldoko.

Loading...
Loading...