Jumat, 21 Juni 2019 15:26 WITA

Arab Saudi Hindari Perang dengan Iran

Editor: Andi Chaerul Fadli
Arab Saudi Hindari Perang dengan Iran

RAKYATKU.COM - Menteri luar negeri Arab Saudi telah mengatakan kepada Sky News bahwa negaranya ingin menghindari perang dengan Iran dengan segala cara.

Adel Al-Jubeir membantah saran dari Iran bahwa Arab Saudi berusaha memprovokasi perang, dikutip dari Sky News, Jumat (21/6/2019).

"Itu konyol. Kami telah memperjelas dan begitu juga AS. Peningkatan telah datang dari pihak Iran dengan perilaku agresif mereka," kata dia.

"Kami berusaha menghindari perang dengan segala cara. Kami berkonsultasi dengan teman dan sekutu kami untuk melihat opsi dan langkah apa yang bisa diambil. Iran harus memahami bahwa perilaku agresifnya tidak dapat dipertahankan."

Dia mengatakan bahwa sanksi yang lebih keras terhadap Iran dapat diterapkan dan menambahkan: "Beban adalah pada Iran untuk mengurangi agresi dan bertindak seperti negara normal."

AS sedang mempertimbangkan tanggapan terhadap serangan rudal Iran yang menjatuhkan drone Angkatan Laut AS ke Selat Hormuz yang telah mengancam Iran untuk ditutup.

Loading...

"Menutup Selat Hormuz akan menghasilkan reaksi yang sangat, sangat kuat."

"Ketika Anda mengganggu pelayaran internasional, hal itu berdampak pada pasokan energi, itu berdampak pada harga minyak yang berdampak pada ekonomi dunia."

Donald Trump telah memperingatkan bahwa Iran telah membuat "kesalahan yang sangat besar" setelah militernya menembak jatuh pesawat pengintai AS.

Jatuhnya pesawat tak berawak itu terjadi sehari setelah Washington mengumumkan akan mengirim 1.000 tentara lagi ke Timur Tengah sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya "perilaku bermusuhan" oleh pasukan Iran.

AS menyalahkan Iran atas serangan terhadap tanker dan kapal kargo di Teluk Oman dan Selat Hormuz, rute transit utama untuk pasokan minyak global.

Loading...
Loading...