Jumat, 21 Juni 2019 14:50 WITA

Tanamkan Jiwa Entrepreneur Kader PKK, Erna Taufan Ulas 6 Kiat Kunci Keberhasilan

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Nur Hidayat Said
Tanamkan Jiwa Entrepreneur Kader PKK, Erna Taufan Ulas 6 Kiat Kunci Keberhasilan
Pelatihan kader PKK Kecamatan Bacukiki di Baruga Peduli, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Parepare, Jumat (21/6/2019).

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, kembali menyemangati kadernya lewat materi "Kuatkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)" yang digelar PKK Kecamatan Bacukiki di Baruga Peduli, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Parepare, Jumat (21/6/2019).
 
Pelatihan kader PKK Kecamatan Bacukiki ini diikuti 150 kader PKK se-kecamatan Bacukiki, yakni 30 kader kecamatan, 30 Kelurahan Lompoe, 30 Galung Maloang, 30 Watang Bacukiki, dan 30 kader PKK Kelurahan Lemoe. 

Sebagai lulusan sarjana ekonomi, Erna Rasyid Taufan tampil menguasai materi yang dibawakan. Dalam materinya, Erna, sapaan anak sulung dari 12 bersaudara ini mengulas enam kiat kunci keberhasilan dalam berwirausaha. 

Enam kiat yang disebutkan, yaitu keterlibatan anggota dengan melakukan pertemuan rutin secara dinamis, memiliki rasa solidaritas tinggi, semangat dan termotifikasi, bangga dengan hasil usaha, dan kreativitas serta inovasi. 

"Dengan berwirausaha, kita bisa berdiri di atas kaki sendiri, dan dengan demikian kita akan membantu orang lain. Secara tidak langsung kita juga telah membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan," papar ERAT, akronim Erna Rasyid Taufan.

Sebelum memulai bisnis, Erna juga mengajak para kader PKK untuk melakukan survei peminatan produk yang akan dijadikan usaha terlebih dulu. "Harus disurvei kecil-kecil dulu, apakah diminati oleh orang. Bisa juga dikirimkan ke tetangga. Jadi sekaligus kita sedekah. Suatu saat pasti ada yang pesan, asalkan kita bersungguh-sungguh memperbaiki kualitas produk kita," ulas magister pendidikan ini. 

Loading...

Pada kesempatan ini, Erna juga melirik potensi Bacukiki sebagai daerah penghasil jambu mete. Hal itu, kata dia, bisa menjadi produk unggulan bagi kader PKK di Kecamatan Bacukiki dalam meningkatan pendapatan keluarga.

"Di Bacukiki ini ada produksi jambu mete. Kita sudah ada potensi, kita juga punya bahan baku lokal. Gunakan produk lokal yang ada, dan kita kembangkan bisnis kita," jelasnya. 
 
Didampingi Wakil Ketua PKK Parepare, St Rahmah dan Ketua PKK Kecamatan Bacukiki, Rosmawati Iskandar, pelatihan kader PKK tersebut dibuka Camat Bacukiki, HM Iskandar Nusu. 

"Selaku dewan pembina PKK Kecamatan Bacukiki, kami berharap pelatihan ini dapat mencetak ibu-ibu PKK menjadi wirausahawan mandiri, baik untuk pribadinya maupun kelompok," harap mantan Kabag Humas dan Protokoler Setdako Parepare ini.

Loading...
Loading...