Kamis, 20 Juni 2019 16:29 WITA

Pria ini Harus Bayar Mantan Instrinya Rp2,6 Miliar Atas Pekerjaan Rumah 27 Tahun

Editor: Suriawati
Pria ini Harus Bayar Mantan Instrinya Rp2,6 Miliar Atas Pekerjaan Rumah 27 Tahun
Ilustrasi Shutterstock

RAKYATKU.COM - Seorang pria Argentina telah diperintahkan untuk membayar mantan istrinya 8 juta peso (Rp2,6 miliar) sebagai kompensasi atas pekerjaan rumah selama 27 tahun.

Hakim membuat keputusan itu setelah mempertimbangkan bahwa peran mantan pasangan itu telah ditentukan dengan baik ketika mereka menikah.

Sang istri, yang diidentifikasi sebagai ML, harus meninggalkan kariernya untuk membesarkan anak-anak mereka dan mengurus rumah. Sementara itu, suaminya tetap bekerja.

Meskipun memegang gelar sarjana ekonomi, wanita itu mengesampingkan karier profesionalnya keluarga.

Pada saat bercerai, wanita itu sudah berusia 60 tahun, dan terlalu tua untuk diterima di dunia kerja.

Pengadilan Banding Nasional Argentina memutuskan bahwa wanita itu menghadapi kesulitan keuangan setelah perpisahan.

Loading...

Mereka menikah pada tahun 1982, sebelum berpisah 27 tahun kemudian, tepatnya pada 2009. Mereka resmi bercerai pada tahun 2011.

Menurut USA Today, jumlah konpensasi yang diberikan itu adalah yang terbesar.

Hakim menggambarkan jumlah kompensasi itu sebagai “jumlah yang masuk akal untuk menyeimbangkan situasi ekonomi yang berbeda dari pasangan itu”. 

Namun, dia menambahkan bahwa seseorang yang tidak memiliki pelatihan kerja atau tidak meninggalkan pekerjaan untuk memenuhi tugas rumah tangga, tidak akan berhak atas kompensasi yang sama dengan ML.

Putusan itu disambut baik oleh aktivis hak perempuan. “Putusan ini sangat baru karena mengakui bahwa apa yang kita lakukan di rumah adalah pekerjaan, tugas perawatan adalah pekerjaan karena melibatkan waktu, upaya, dan keterampilan,” kata Lucia Martelotte, wakil direktur eksekutif Tim Keadilan dan Gender Amerika Latin.

Loading...
Loading...