Kamis, 20 Juni 2019 14:59 WITA

Siang Panjang: Di Pulau ini Matahari Tidak Terbenam Selama 69 Hari

Editor: Suriawati
Siang Panjang: Di Pulau ini Matahari Tidak Terbenam Selama 69 Hari
Foto: Harald Groven / Wikimedia Commons

RAKYATKU.COM - Ada kehidupan yang berbeda di sebuah pulau di utara Norwegia. Selama musim panas, matahari tidak terbenam di Sommarøy selama 69 hari penuh.

Yah, sejak tanggal 18 Mei hingga 26 Juli lalu, matahari tetap berada di langit. Itu berarti bahwa selama waktu itu, orang-orang tidak pernah bertemu malam.
 
Karena selalu siang, orang akan melakukan segala macam hal pada jam-jam "malam". Misalnya, mereka akan berenang atau bermain bola di halaman mereka ketika jam 3 pagi. Dan juga, semua orang tidur kapan pun mereka mau.

Fenomena ini sudah terjadi selama beberapa generasi. Yang tidak mengejutkan, akan ada masanya matahari tidak terbit selama berbulan bulan, yaitu dari November hingga Januari.

Karena itulah orang-orang Sommarøy ingin mendeklarasikan pulau mereka sebagai zona bebas waktu.

“Ada terus-menerus siang hari, dan kami bertindak sesuai,” kata warga Sommarøy Kjell Ove Hveding.

Loading...

"Di tengah malam, yang orang kota sebut jam 2 pagi, Anda dapat melihat anak-anak bermain sepak bola, orang-orang mengecat rumah mereka atau memotong rumput mereka, dan remaja pergi berenang."

Ini mungkin tampak seperti lelucon, tetapi penduduk setempat menganggapnya serius.

Mereka sudah bertemu dengan anggota Parlemen Norwegia untuk menyerahkan tanda tangan petisi mereka dan membahas implikasi praktis dan hukum dari upaya mereka. 
Jika mereka berhasil, lebih 300 penghuni Sommarøy berencana menjadikan sekolah dan jam kerja lebih fleksibel dengan mengabaikan jam buka tradisional.

Tags
Loading...
Loading...