Kamis, 20 Juni 2019 09:31 WITA

Giliran Kepala Biro Umum Akan Dicopot Nurdin Abdullah

Penulis: Fathul Khair
Editor: Abu Asyraf
Giliran Kepala Biro Umum Akan Dicopot Nurdin Abdullah
Kepala Biro Umum Setda Sulsel, Hatta

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Setelah mencopot Kepala Inspektorat Sulsel Lutfie Natsir, kini giliran Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah (Setda) Sulsel, Muh Hatta yang akan dinonaktifkan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. 

Pencopotan Hatta ini berdasarkan rekomendasi kepala Inspektorat Sulsel, Nomor 045.2/4039/A.2/itprov, tertanggal 19 Juni 2019. Isi rekomendasi itu, meminta Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah segera menonaktifkan Hatta. 

"Gubernur menegaskan kalau Inspektorat memerintahkan itu harus segera dilaksanalan. Insyaallah segera dibuat SK-nya," kata Sekda Sulsel Abdul Hayat Gani dalam rilis yang diterima Rakyatku.com, Rabu malam (19/6/2019).

Berdasarkan hasil audit lanjutan khusus, Inspektorat menemukan bahwa di Biro Umum dan Perlengkapan Setda Provinsi Sulsel, patut diduga telah terjadi penyimpangan dalam pengelolaan keuangan pada tahun anggaran 2018.

Kepala Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan, Salim menjelaskan hasil audit Inspektorat di Biro Umum. Katanya, Inspektorat sudah melakukan pemeriksaan berkali-kali terhadap Hatta. 

"Itu sudah tiga kali pemeriksaan terhadap Biro Umum. Pemeriksaan khusus. Jadi terakhir itu, LHP ada sama saya," ujar Salim. 

Pemeriksaan terhadap Biro Umum dan pemanggilan terhadap Hatta, kata Salim, dilakukan sejak kepala Inspektorat masih dijabat Lutfie. Finalisasi pemeriksaan itu, dilakukan saat dirinya menjabat pelaksana tugas kepala Inspektorat. 

Loading...

"Jadi hasil ekspose itu semua, bukti dan dukungan data semua lengkap. Saya sebagai inspektur tidak bisa mengelaminir temuan dari tim khusus yang memeriksa Biro Umum. Dan banyak pengakuan Pak Hatta sendiri. Saya tinggal menguatkan. Hasil pemeriksaan itu tinggal kita teruskan ke Pak Gubernur," tambahnya.

"Hasil audit itu, di antaranya pertanggungjawaban yang tidak jelas. Seputar tupoksinya, makan-minum. Itu kelakuan yang berulang," jelasnya. 

Katanya, soal tindakan yang akan diambil dari hasil pemeriksaan itu, diserahkan sepenuhnya kepada Nurdin Abdullah. 

"Silakan pak gubernur sebagai pembina kepegawaian. Apa yang Pak Gubernur akan lakukan, dia punya hak prerogatif karena dia yang pimpin kabinet ini," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Nurdin Abdullah mencopot Lutfie Natsir, di hari pertama kerja pascalibur Lebaran. Lutfie dicopot, setelah Nurdin menyebut ada duri dalam daging di Pemprov Sulsel.

Loading...
Loading...