Selasa, 18 Juni 2019 18:25 WITA

Video Bangkai Kapal yang Karam Seabad Lalu, Renggut Nyawa 14 Awak, Kapten Selamat

Editor: Aswad Syam
Video Bangkai Kapal yang Karam Seabad Lalu, Renggut Nyawa 14 Awak, Kapten Selamat
Bangkai kapal Nyora di dasar laut.

RAKYATKU.COM, AUSTRALIA - Sebuah kapal tunda yang karam seabad lalu, telah ditemukan oleh tim penyelam. 

Pada 9 Juli 1917, kapal uap Nyora sedang mengangkut kapal berlayar empat tiang Amerika, Astoria, kembali ke Sydney ketika badai liar menerjang mereka di lepas pantai Australia Selatan. 

Rekaman penyelaman menunjukkan, bangkai kapal berumur seabad itu, hampir sepenuhnya ditelan oleh dasar laut setelah beristirahat di sana selama 102 tahun, lubang intipnya masih mudah diidentifikasi. 

Video Bangkai Kapal yang Karam Seabad Lalu, Renggut Nyawa 14 Awak, Kapten Selamat

Ketika kedua kapal itu berada 50 km dari Cape Jaffa, Nyora mulai membuat daftar besar dengan memaksa awak untuk memotong garis derek, dalam upaya menyelamatkan kedua kapal. 

Tetapi upaya mereka tidak cukup untuk menyelamatkan kapal, setelah gelombang besar menabrak ruang mesin kapal dan mulai menenggelamkannya terlebih dahulu.  

Ada 16 kru di atas kapal Nyora dan 12 ikut karam dengan kapal, sementara empat terakhir mampu berpegang kuat pada sekoci yang terbalik.

Video Bangkai Kapal yang Karam Seabad Lalu, Renggut Nyawa 14 Awak, Kapten Selamat

Dua anggota kru lainnya meninggal karena paparan sementara di kapal meninggalkan Kapten William McBain dan pelaut Gordon Lansley sebagai dua yang selamat.

Video Bangkai Kapal yang Karam Seabad Lalu, Renggut Nyawa 14 Awak, Kapten Selamat

Mereka berdua kembali ke Melbourne pada minggu berikutnya, di mana Kapten McBain menggambarkan insiden tragis itu. 

Kapten McBain disaksikan turun di Melbourne, di mana ia menyatakan kesedihan mendalam, karena kehilangan empat belas awaknya. 

"Saya melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan orang-orang dan kapal, saya pikir sebagian besar kru diseret ke dalam penghisapan ketika tarikan itu tenggelam," kata Kapten McBain pada saat itu. 

"Itu adalah laut yang sangat deras yang melanda kami pada hari Senin pagi, pintu ruang mesin dihancurkan dan tarikan berisi air." 

Loading...

Pada pukul 19:30 malam itu, para korban yang selamat melihat lampu-lampu jauh dari Mercusuar Margaret Brock Reef, dan menggunakan kekuatan apa yang mereka miliki untuk mendayung ke arahnya. 

Video Bangkai Kapal yang Karam Seabad Lalu, Renggut Nyawa 14 Awak, Kapten Selamat

Mereka mendayung sepanjang malam tanpa mencapai mercusuar dan saat fajar menyingsing, dua kru yang kelelahan beruntung ditemukan oleh penjaga mercusuar yang datang untuk menyelamatkan mereka. 

Asisten penjaga mercusuar Robert Clark dan penjaga senior mercusuar Mr J. Jameson dianugerahi medali keberanian untuk tindakan mereka. 

Penjaga harus mendayung melalui pemecah berat dan laut liar, mempertaruhkan nyawa mereka sendiri, untuk menyelamatkan dua anggota kru yang selamat dari Nyora. 

Ada dua sekoci di atas Nyora, tetapi Kapten McBain mengatakan, ombak menerpa dengan kekuatan seperti itu dan mengisi perahu sehingga para kru tidak punya waktu untuk menyelamatkan diri.  

Salah satu penyelam yang menemukan bangkai kapal, Steve Saville, mengatakan, itu adalah penemuan hebat dan bagian dari kisah tragedi dan kehilangan yang telah ada selama seabad. 

"Ini adalah kisah yang luar biasa tentang tragedi, ketekunan, dan kepahlawanan," katanya. 

“Nyora adalah kapal yang populer di Port Melbourne dan akan dipanggil untuk menyelesaikan semua masalah pengiriman di Australia. Dia sangat populer di masyarakat dan juga para pelaut."

Astoria telah tiba dari Amerika Serikat dengan mesin yang rusak, dan tidak dapat menurunkan muatan kayunya yang besar sampai diperbaiki.

"Nyora telah menarik Astoria ke Port Pirie dari Sydney. Kargo Astoria sekitar 380 km dari kayu diturunkan, dan Nyora sedang melakukan perjalanan kembali ketika kecelakaan itu terjadi," kata Saville. 

“Astoria memiliki dua mesin yang gagal, tidak lama setelah tiba di Sydney dari Portland. Mereka tidak bisa memperbaiki mesin dan tidak bisa membongkar. Terlalu banyak kayu. Itulah sebabnya mereka memutuskan untuk menarik Astoria ke pelanggan di Port Pirie di tempat yang sangat dibutuhkan."  

Tim penyelaman menghubungi keturunan para awak dan penjaga mercusuar.  

Loading...
Loading...