Selasa, 18 Juni 2019 15:53 WITA

Gowa Targetkan 401.599 Produksi Padi, Jagung 250.595 Ton di 2019

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Gowa Targetkan 401.599 Produksi Padi, Jagung 250.595 Ton di 2019

RAKYATKU.COM, GOWA - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura menargetkan tingkat produksi padi mencapai 401.599 ton di tahun 2019.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa, Sugeng Priyanto mengatakan, pihaknya akan meningkatkan beberapa langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai target produksi tersebut.

"Target kita tahun ini 401.599 ton. Untuk realisasi dari target ini kita tunggu sampai akhir tahu. Produksi jagung juga akan ditargetkan sebanyak 250.595 ton," kata Sugeng, Selasa (18/6/2019).

Langkah pertama yang dilakukan kata Sugeng, yakni meningkatkan mutu benih. 

"Yang pertama itu kita lakukan perbaikan mutu benih. Kemudian meningkatkan kemampuan lahan untuk ditanam lebih dari sekali," katanya. 

Loading...

Selain itu lanjutnya, perbaikan saluran irigasi dan penerapan teknologi yang lebih baik menjadi sangat penting dan juga penggunakaan pupuk yang harus sesuai dosisi yang telah dianjurkan.

Sebelumnya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memang berkomitmen untuk dapat mendorong peningkatan hasil produksi pertanian di Kabupaten Gowa dengan menyalurkan sejumlah alat pertanian kepada para petani yang tergabung dalam Gabung Kelompok Tani (Gapoktan) di Gowa.

Pemberikan bantuan alat pertanian tersebut salah satunya 1 unit mobil traktor. Selain itu, juga diberikan bantuan berupa benih padi, benih jagung, alat tanam jagung, dan alat penyiraman atau sprayer. 

"Kita ingin hasil pertanian baik padi maupun jagung yang ada di Gowa semakin baik dan meningkat. Apalagi dengan melihat potensi pertanian yang dimiliki daerah yang kita cintai ini," kata Adnan.
 

Loading...
Loading...