Senin, 17 Juni 2019 08:59 WITA

2 Bulan Pasca Kebakaran, Misa Pertama Diadakan di Notre Dame

Editor: Suriawati
2 Bulan Pasca Kebakaran, Misa Pertama Diadakan di Notre Dame
AFP

RAKYATKU.COM - Tepat dua bulan setelah kebakaran melanda atap dan puncak menara Notre Dame di Paris, katedral itu mengadakan Misa pertamanya pada hari Sabtu.

Namun misa ini hanya dihadiri oleh uskup agung Paris, bersama dengan sekitar 30 jemaah lainnya.

Misa ditutup untuk umum karena alasan keamanan, dan mereka yang hadir kebanyakan pendeta dan orang-orang yang bekerja di situs itu.

Menteri Kebudayaan Perancis Franck Riester mengatakan kepada TV Prancis pada hari Jumat bahwa struktur itu masih "dalam kondisi rapuh".

Misa disiarkan di YouTube oleh KTO, jaringan TV Katolik Perancis. Mereka memperlihatkan pemandangan atap yang terbakar dan tumpukan kayu hangus serta puing-puing dalam gereja, sementara kelompok orang menyanyikan lagu-lagu pujian.

Loading...

Dalam pidaonyanya, Uskup Agung Michel Aupetit menggambarkan Notre Dame sebagai "buah kejeniusan manusia, dan sebuah mahakarya manusia".

"Katedral ini adalah tempat keagamaan. Itulah satu-satunya tujuan," kata Aupetit. Dia mengatakan tidak ada turis di katedral.

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menetapkan tenggat waktu lima tahun untuk merekonstruksi dan membuka kembali Notre Dame.

Katedral itu telah dianjikan sumbangan hampir $1 miliar dari seluruh dunia untuk rekonstruksi, tetapi Kementerian Kebudayaan Prancis mengatakan bahwa sejauh ini mereka baru menerima kurang dari 10 persen dari yang dijanjikan.

Loading...
Loading...