Senin, 17 Juni 2019 08:28 WITA

Netanyahu Luncurkan Pemukiman Baru di Israel, Dinamai Trump Height

Editor: Suriawati
Netanyahu Luncurkan Pemukiman Baru di Israel, Dinamai Trump Height
AFP

RAKYATKU.COM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah meluncurkan pemukiman baru di Dataran Tinggi Golan, dinamai Trump Height.

Netanyahu mengatakan nama itu dipilih untuk berterima kasih kepada Presiden AS karena melanggar tradisi Amerika selama beberapa dekade dan mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari Israel pada bulan Maret.

Trump Heights berarti "Ramat Trump" dalam bahasa Ibrani. Itu adalah simbol aliansi yang dikembangkan antara AS dan Israel.

Kota baru itu belum dibangun, tetapi upacara menandai nama dan lokasi pemukiman dilakukan dengan banyak keriuhan oleh pemerintah Israel pada hari Minggu.

Netanyahu menyebutnya "hari bersejarah" dan memuji Trump sebagai "teman Israel."

Loading...

Dalam sebuah tweet, Trump mengucapkan terima kasih kepada Netanyahu dan "Negara Israel atas kehormatan besar ini."

Netanyahu Luncurkan Pemukiman Baru di Israel, Dinamai Trump HeightDataran Tinggi Golan adalah petak tanah bernilai strategis yang dicaplok Israel dari Suriah setelah Perang Enam Hari 1967.

PBB dan sebagian besar komunitas internasional tidak mengakui wilayah tersebut sebagai milik Israel. Itu karena hukum internasional mencegah negara-negara mengambil alih tanah secara paksa.

AS menjaga norma itu sampai Trump membuat langkah kontroversial pada bulan Maret dengan mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari Israel.

Loading...
Loading...