Kamis, 13 Juni 2019 18:41 WITA

MUI Sulsel Sambut Gembira Inisiatif DPRD Lahirkan Perda Produk Halal

Editor: Abu Asyraf
MUI Sulsel Sambut Gembira Inisiatif DPRD Lahirkan Perda Produk Halal
MoU antara MUI Sulsel dengan TVRI dan RRI pada diskusi pola hidup halal seri kelima di Hotel Pesonna awal Mei 2019.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Upaya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel mendorong pola hidup halal mulai bersambut. DPRD Sulsel menginisiasi rancangan perda pembinaan dan pengawasan produk halal.

Rencangan perda itu mulai dibahas Jumat (14/6/2019). Ketua DPRD Sulsel Moh Roem mengundang tim inisiator Ranperda tentang Pembinaan dan Pengawasan Produk Halal.

Roem juga mengundang pimpinan dan anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Sulsel.

Rapat dijadwalkan berlangsung mulai pukul 09.30 wita di gedung tower DPRD Sulsel lantai 9. Rapat perdana ini mengagendakan ekspose tentang rancangan perda tersebut. 

Ketua MUI Sulsel Bidang Informasi dan Komunikasi, Waspada Santing menyambut gembira inisiatif DPRD Sulsel tersebut.

"Inisiatif tersebut insya Allah akan mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat muslim Sulsel," ujar Waspada yang juga direktur Pusat Kajian dan Advokasi Halal.

Waspada juga salah satu tokoh yang aktif mengampanyekan pola hidup halal di Sulsel. MUI Sulsel menggelar diskusi nasional enam kali pada Maret-April 2019.

Diskusi itu menghadirkan langsung Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Prof Sukoso pada beberapa seri.

Seri pertama digelar di RM Ulu Juku pada Minggu (17/3/2019). Temanya, "Pola Hidup Halal untuk Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur". 

Diskusi ini mengambil sub tema "Kesiapan Infrastruktur Implementasi UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal". 

Loading...

Seri kedua berlangsung Hotel Almadera Rabu (3/4/2019). Kali ini mengambil sub tema, "Tanggung Jawab Ormas untuk Meneguhkan Pola Hidup Halal dalam Masyarakat".

Selanjutnya seri ketiga berlangsung di Hotel Claro, Makassar yang melibatkan kalangan milenial.

Seri keempat berlangsung Minggu (21/4/2019) di Baruga Karaeng Pattingalloang, kompleks rumah jabatan gubernur Sulsel.

Pada diskusi yang bertepatan Hari Kartini itu menghadirkan lima srikandi Sulsel. 

Diskusi bertema, “Peranan Ibu Mendorong Pola Hidup Halal Generasi Milenial,” itu menghadirkan Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Liestiaty Fachruddin, Ketua PW Muslimat NU Sulsel Dr Ir Hj Majdah Muhyiddin Zain, Ketua PW ‘Aisyiyah Sulsel Dr Nurhayati Azis, Ketua Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja, dan Keluarga MUI Sulsel Dr Hj Amrah Kasim MA, dan Ketua DPD Iwapi Sulsel, Ida Farida Noer Haris.

Sementara seri kelima digelar di Hotel Pesonna, Jalan Andi Mappanyukki. Diskusi yang dihadiri anggota Dewan Pertimbangan MUI Pusat, Dr Sinansari S ecip itu diikuti peserta dari kalangan media massa.

Sementara seri keenam atau penutup menghadirkan peserta dari kalangan akademisi. Temanya, "Pola Hidup Halal dalam Kajian Akademik dan Implementasi Civitas Akademika".

Diskusi pola hidup halal seri keenam tersebut digelar Sabtu (4/5/2019) di Hotel Aston, Makassar.

Hadir sebagai pembicara, Prof Veni Hadju (Unhas), Prof Abdul Rahim Yunus (Wakil Koordinator Kopertais Wilayah VIII), dan Prof Tahir Kasnawi (MUI Sulsel).

Loading...
Loading...