Rabu, 12 Juni 2019 18:36 WITA

Penyelamat Pengungsi di Mediterania Terancam Penjara 20 Tahun

Editor: Suriawati
Penyelamat Pengungsi di Mediterania Terancam Penjara 20 Tahun
Pia Klemp

RAKYATKU.COM - Seorang kapten kapal Jerman yang telah menyelamatkan ribuan pengungsi di Mediterania terancam hukuman 20 tahun penjara karena pekerjaan penyelamatannya.

Pia Klemp menghadapi pengadilan di Italia, dan dituduh telah bekerja sama dengan penyelundup untuk mengarahkan migran ilegal ke Italia. 

Pihak berwenang Italia meyakini bahwa Pia mengumpulkan migran ilegal di titik-titik pertemuan di Mediterania, dengan kedok melakukan penyelamatan di laut.

Tuduhan itu didukung oleh bukti berupa foto-foto yang menunjukkan kapal penyelundup manusia dipenuhi pencari suaka, yang kemudian dipindahkan ke perahu bantuan.  

Namun, Pia Klemp mengatakan bahwa foto-foto itu diambil di Malta, bukan di Libya.  

Klemp telah diselidiki sejak tahun 2017. Kapalnya, Iuventa telah disita sejak saat itu.

Loading...

Namun wanita berusia 35 tahun itu tidak gentar menghadapi hukum. Berbicara kepada surat kabar Swiss, Basler Zeitung, dia mengatakan siap untuk melawan penuntutannya sampai ke Pengadilan HAM Eropa jika perlu. 

Dia juga mendapat dukungan dari 80.000 orang yang telah menandatangani petisi yang mendesak Italia untuk membatalkan tuntutannya. 

Salvini, wakil perdana menteri Italia, telah mempelopori tindakan keras migrasi sejak pemerintah populis negara itu berkuasa pada tahun 2018. 

Dia telah berulang kali menolak masuknya migran Mediterania dan menolak kapal penyelamat yang dioperasikan oleh LSM asing.

Loading...
Loading...