Rabu, 12 Juni 2019 17:59 WITA

APBD Perubahan Maros Diproyeksi Naik Signifikan

Penulis: Muh. Basri
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
APBD Perubahan Maros Diproyeksi Naik Signifikan
Foto/Ist.

RAKYATKU.COM, MAROS - Bupati Maros, HM Hatta Rahman menyerahkan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2019 ke DPRD Maros. 

Penyerahan APBD-P dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Maros yang dipimpin oleh Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam Rabu (12/6/2019). 

Dalam rancangan APBD Perubahan 2019 yang diserahkan Hatta, beberapa perubahan dalam penerimaan pendapatan maupun belanja berubah secara siginifikan. 

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, H Takdir mengatakan, pendapatan daerah naik sebesar Rp17 miliar lebih atau 1,2 persen dari APBD pokok 2019. Peningkatan ini berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) yakni BPHTB dan retribusi daerah. Sehingga pendapatan meningkat menjadi Rp1.490.090.317.000. 

Sedangkan belanja daerah beberapa item mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni sebesar Rp71,2 Miliar lebih. 

Loading...

“Meningkatnya belanja daerah karena adanya pergeseran anggaran. Belanja langsung meningkat sebesar 12 persen dari APBD pokok atau sekitar Rp79 Miliar lebih. Item belanja lain yang naik yakni bagi hasil pendapatan untuk desa sebesar Rp15 Miliar, belanja kegiatan yang belum terbayar tahun lalu sebesar Rp8 Miliar dan beberapa item lain,” beber Takdir. 

Sementara itu, Hatta Rahman menuturkan, pihaknya akan terus mengoptimalkan penerimaan sumber-sumber PAD, penerimaan dari pusat berupa DAU dan DAK serta sumber penerimaan lainnya. 

Sedangkan Ketua DPRD Maros, AS Chaidir Syam mengatakan, jadwal rapat paripurna adalah pemandangan umum fraksi atas rancangan APBD perubahan tahun 2019 kemudian jawaban eksekutif atas pemandangan umum fraksi. 
“Setelah itu APBD perubahan akan masuk tahap pembahasan pekan depan dan segera dirampungkan untuk disahkan,” pungkas Chaidir.

Loading...
Loading...