Rabu, 12 Juni 2019 10:13 WITA

Pria ISIS Dipulangkan ke Prancis Bersama 2 Istri dan 9 Anaknya

Editor: Suriawati
Pria ISIS Dipulangkan ke Prancis Bersama 2 Istri dan 9 Anaknya
AFP

RAKYATKU.COM - Seorang pejuang ISIS asal Prancis dipulangkan bersama dua istri dan sembilan anak-anaknya pada hari Selasa, setelah diusir oleh Turki.

Begitu tiba di Prancis, ketiga orang dewasa itu ditahan, sementara anak-anak mereka ditempatkan di bawah perlindungan negara.

Menurut salah satu sumber hukum Prancis, keluarga itu telah ditahan di pusat penahanan di Turki sebelum diusir.

Sumber lain mengatakan bahwa pria itu dan salah satu wanita berusia 36 tahun sudah memiliki anak ketika mereka bepergian ke Timur Tengah dan kemudian memiliki lebih banyak anak di wilayah tersebut.

Wanita kedua juga memiliki anak ketika dia tiba di wilayah tersebut. Dia dan pria itu kemudian menikah dan juga memiliki anak bersama.

Pemulangan mereka terjadi sehari setelah Perancis mengambil kembali 12 anak yatim piatu Prancis dari kamp-kamp di Suriah utara.

Loading...

Pemulangan itu menandai percepatan dalam repatriasi anak-anak berkebangsaan Prancis yang melakukan perjalanan ke Irak atau Suriah untuk bergabung dengan kelompok-kelompok ekstremis.

Namun kementerian luar negeri Perancis menekankan bahwa kembalinya keluarga itu tidak ada hubungannya dengan pemulangan anak-anak dari Suriah.

Pada akhir Mei, jumlah pejuang ISIS yang telah kembali ke Prancis berjumlah 277, menurut angka resmi. Banyak yang diserahkan oleh Turki.

Sejauh ini pemerintah Prancis lebih berfokus pada pemulangan anak-anak muda yang menjadi yatim piatu.

Loading...
Loading...