Selasa, 11 Juni 2019 14:58 WITA

Tjahjo Pamitan ke ASN: Tak Ada Sejarah Mendagri 2 Kali Menjabat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tjahjo Pamitan ke ASN: Tak Ada Sejarah Mendagri 2 Kali Menjabat
Tjahjo Kumolo. Ist.

RAKYATKU.COM - Jelang berakhirnya periode Kabinet Kerja pada Oktober 2019 nanti, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berpamitan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Hal tersebut disampaikan Tjahjo dalam acara Apel Bersama dan Halal Bi Halal di Lingkungan Direktorat Jendral (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa dan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Selasa (11/6).

Ia menuturkan dalam sejarah kabinet pemerintahan, tidak ada Mendagri yang menjabat selama dua kali periode. Karena itu, ia memanfaatkan momentum Apel Bersama dan Halal Bi Halal tersebut untuk menyampaikan terima kasih sekaligus berpamitan. 

"Dalam sejarah tidak ada Mendagri dua kali (menjabat), tidak ada. Jadi sekaligus pada kesempatan ini, mudah-mudahan bisa ketemu lagi pada awal Oktober untuk pamitan," kata Tajhjo.

Ia mengatakan akan memanfaatkan sisa waktu kepemimpinannya dalam tiga bulan terakhir ini untuk mengoptimalkan kerja dan tugasnya. Yakni, membangun hubungan tata kelola pemerintahan lebih efektif, lebih efisien dalam rangka mempercepat reformasi birokrasi serta memperkuat otonomi daerah. 

Loading...

"Silakan nanti diteruskan oleh Mendagri yang baru setelah tanggal 20 Oktober yang akan datang," bebernya dikutip CNNIndonesia.

Ia pun enggan menjawab secara gamblang pertanyaan awak media terkait kemungkinan kembali melanjutkan jabatannya. Pun, sebaliknya jika tak menjadi Mendagri, ia mengaku belum mengetahui calon penggantinya kelak.

"Dalam sejarah, hanya sekali, terima kasih," katanya singkat. 

Sekadar diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri telah mengumumkan hasil Pilpres 2019, pasangan calon Jokowi-Ma'ruf unggul dalam perolehan suara dengan 85.607.362 suara sah.

Loading...
Loading...