Sabtu, 08 Juni 2019 04:30 WITA

Setelah HBH, Ikatek Unhas 2019 Target Bangun Galangan Kapal

Editor: Abu Asyraf
Setelah HBH, Ikatek Unhas 2019 Target Bangun Galangan Kapal
Panitia HBH Ikatek Unhas 2019 menggelar jumpa pers jelang pelaksanaan HBH Ikatek 2019 di Pantai Akkarena, Makassar, Jumat (7/6/2019).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Panitia Halalbihalal (HBH) Ikatan Alumni Teknik (Ikatek) Universitas Hasanuddin (Unhas) 2019, menargetkan setelah event HBH Ikatek Unhas bakal bangun galangan kapal.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Panitia HBH Ikatek Unhas 2019 Anwar Mattawape dalam jumpa pers yang diadakan jelang pelaksanaan HBH Ikatek 2019 di Pantai Akkarena, Makassar, Jumat (7/6/2019).

"Kami dengan wadah event HBH Ikatek Unhas 2019 ini ingin bersinergi dan berkolaborasi untuk memberikan penanda dan juga sebagai pembeda. Bahkan ending dari kegiatan adalah hadirnya galangan kapal di Sulsel," kata Anwar.

Dijelaskan Anwar Mattawape, pihaknya serius menggarap HBH 2019 yang merupakan event tahunan dan ajang silaturahmi Ikatek Unhas ini. Rangkaian event, sebelumnya telah digelar Seminar Nasional Industri Maritim.

"Setelah HBH Ikatek 2019 ini, kami serius ingin membangun galangan kapal di Sulsel bersama Ikatek Unhas. Pihaknya pun siap membangun kerja sama dengan pemerintah daerah," tegasnya.

Target membangun galangan kapal itu, lanjut Anwar, bukan sebatas wacana. Selain sebagai, sebagai tanda mata, juga kecintaan Ikatek Unhas untuk Sulsel dan kepedulian untuk pembangunan industri di Sulsel.

Niatan tersebut didukung Ketua Ikatan Sarjana Perkapalan (ISP) Unhas Muhammad Fitri Natriawan yang pada HBH Ikatek 2019 ini sebagai tim panitia pelaksana.

Loading...

Menurutnya sudah saatnya industri perkapalan di Sulsel bangkit kembali, setelah era kejayaan kapal Phinisi sejak masa nenek moyang dan telah dikenal di seluruh Nusantara.

Selain itu industri perkapalan yang ada saat ini di wilayah Sulawesi Selatan hanya diperankan secara tunggal oleh BUMN yakni PT IKI (Persero) Makassar.

"Dengan banyaknya industri perkapalan maupun industri pengikutnya, bakal mendatangkan nilai positif bagi Sulsel khususnya dalam penciptaan lapangan pekerjaan," jelas Fitriawan.

Dukungan juga datang dari Sapri Pamulu yang juga pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatek Unhas, terkait keinginan membangkitkan industri kemaritiman di Sulsel.

"Sebuah ambisi dan visi yang sangat positif dari HBH Ikatek Unhas 2019 ini. DPP Ikatek Unhas tentu sangat mendukung dan mengapresiasi. Saatnya kita turut berperan di pembangunan maritim Sulsel," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Sapri Pamulu, pembangunan galangan kapal adalah wujud bangkitnya industri maritim Sulsel. Apalagi hal ini telah direkomendasikan ke Pemprov Sulsel sesuai hasil dari FGD. 

Loading...
Loading...