Kamis, 06 Juni 2019 23:01 WITA

Pemimpin Junta Militer Thailand Dipilih Sebagai Perdana Menteri

Editor: Suriawati
Pemimpin Junta Militer Thailand Dipilih Sebagai Perdana Menteri
Prayuth Chan-ocha (Reuters)

RAKYATKU.COM - Jenderal purnawirawan Prayuth Chan-ocha, pria yang memimpin kudeta militer di Thailand lima tahun lalu, telah terpilih sebagai perdana menteri negara itu.

Mantan pemimpin junta tersebut telah melayani sebagai perdana menteri sejak kudeta.

Dia dipilih oleh parlemen pada hari Rabu (05/06/2019), tetapi oposisi mengatakan pemilihan itu curang karena sebagian besar Senat dipilih oleh militer.

Pemilihan perdana menteri dilakukan setelah pemilihan umum bulan Maret.

Menurut hasil pemilihan umum, partai oposisi Pheu Thai, yang terkait dengan mantan PM Thaksin Shinawatra yang digulingkan, memenangkan kursi terbanyak di majelis rendah. Tetapi majelis tinggi ditunjuk oleh pemerintah militer.

Loading...

Karena itu, gabungan suara kedua majelis itu membuat Prayuth terpilih, meskipun ia tidak memiliki suara mayoritas di majelis rendah.

Militer Thailand telah dikritik karena mengambil langkah-langkah untuk memastikan diri mereka tetap berpengaruh, termasuk mengubah konstitusi pada tahun 2017.

Thailand telah dihantam oleh ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun, sebagian besar dipicu pertempuran antara pendukung militer dan mantan Perdana Menteri Thaksin.

Loading...
Loading...