Rabu, 05 Juni 2019 19:51 WITA

Siap-Siap Menganggur, Menhub Atura Ulang Kuota Taksi Online

Editor: Abu Asyraf
Siap-Siap Menganggur, Menhub Atura Ulang Kuota Taksi Online
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Para driver taksi online harus siap-siap mencari pekerjaan lain. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan aturan taksi online berlaku 1 Juni 2019. 

Salah satu yang diatur adalah kuota mitra driver. Di wilayah yang melampau kuota akan dilakukan pengurangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan akan ada kuota taksi online. Kuota ini disesuaikan dengan permintaan dan penawaran. Pemerintah daerah yang akan menentukan kuotanya.

"Kita (Kemenhub) berikan indikator melakukan perhitungan kuota. Itu kan melalui proses, ada semacam pelatihan dari kita indikator," ujar Budi Setiyadi seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (4/6/2019).

Budi Setiyadi menambahkan penentuan kuota memang disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Budi mencontohkan kebutuhan taksi online di Yogyakarta akan berbeda dengan Jawa Tengah.

Loading...

Sebelumnya pemerintah pernah akan memberlakukan kuota taksi online. Kala itu Kemenhub menghitung jumlah kuota taksi online seperti Grab Car maupun Go Car sebanyak 91.953 kendaraan untuk di 14 provinsi. 

Kuota terbesar diberikan untuk wilayah Jabodetabek sebanyak 36.510 kendaraan, kemudian Jawa Barat 15.418 kendaraan, dan Lampung 7.000 kendaraan.  

Sementara kuota terkecil ditetapkan untuk tiga provinsi, Yogyakarta, Riau, dan Sumatera Barat. Penetapan kuota ini sebenarnya diserahkan kepada masing-masing daerah agar tetap ideal dan tidak berlebih.
 

Loading...
Loading...