Rabu, 05 Juni 2019 16:21 WITA

Tiket Pesawat Mahal, Konsumsi Avtur Justru Naik 11 Persen

Editor: Abu Asyraf
Tiket Pesawat Mahal, Konsumsi Avtur Justru Naik 11 Persen
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Harga tiket pesawat yang tinggi tidak mengurangi minat warga mudik via udara. Itu terlihat dari tingkat penggunaan avtur.

Konsumsi bahan bakar avtur mengalami kenaikan sepekan terakhir jelang Lebaran. Kenaikan tertinggi terjadi pada 2 Juni 2019.

Kenaikan bahan bakar pesawat ini masih terjadi pada 3 Juni 2019 terutama di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. 

Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengungkapkan, pada 3 Juni 2019 di Bandara Soekarno-Hatta konsumsi avtur naik 1 persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian pada kondisi normal.

Sementara itu, bandara lain yakni Bandara Husein Sastranegara, Pondok Cabe, dan Bandar Udara Internasional Kertajati di Majalengka turun signifikan hingga lebih dari 15 persen.

Loading...

Dewi menambahkan, puncak konsumsi avtur yakni pada 2 Juni di mana tercatat kenaikannya sebesar 11,4 persen dibandingkan kondisi harian rata-rata normal. 

"Naiknya konsumsi avtur dipicu oleh frekuensi pesawat terbang, yang menjadi salah satu pilihan pemudik," ujar Dewi dalam keterangannya, Selasa (4/6/3019) seperti dikutip dari Detikcom.

Berdasarkan estimasi Pertamina, masa puncak konsumsi avtur kembali terjadi pada 7 Juni 2019, yakni H+2 hari raya Idulfitri. 

Loading...
Loading...