Rabu, 05 Juni 2019 12:51 WITA

Kursinya Menurun, NasDem Sulsel Evaluasi Tiga Daerah  

Penulis: Rizal
Editor: Abu Asyraf
Kursinya Menurun, NasDem Sulsel Evaluasi Tiga Daerah  
Syaharuddin Alrif

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan boleh berbangga diri. 

Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 lalu, partai besutan Surya Paloh itu meraih perolehan kursi yang signifikan di Sulsel.

Total 121 kursi diraih NasDem di Sulsel dari semua tingkatan. Rinciannya, untuk tingkat kabupaten/kota, NasDem meraih 105 kursi, 12 kursi di tingkat DPRD provinsi, dan empat kursi untuk tingkat DPR RI.

Jumlah ini terbilang fantastis jika dibandingkan dengan Pileg 2014 silam. Untuk tingkat DPRD Provinsi Sulsel misalnya, jumlah kursi NasDem naik dari tujuh di Pileg 2014 menjadi 12 kursi di Pileg 2019. 

Raihan ini mengantarkan NasDem berhak atas kursi wakil ketua I di DPRD Sulsel. Sementara itu, untuk tingkat DPR RI bertambah dari dua kursi menjadi empat kursi.

Selain itu, Partai NasDem juga berhasil mendudukkan lima caleg terpilih sebagai ketua DPRD di kabupaten/kota, 12 orang caleg terpilih sebagai wakil ketua DPRD kabupaten/kota, dengan total 17 kursi pimpinan.

Loading...

Namun di balik torehan gemilang tersebut, NasDem Sulsel tetap akan melakukan evaluasi terhadap hasil Pileg 2019. 

Tercatat ada tiga daerah yang akan dievaluasi, masing-masing Selayar, Jeneponto, dan Bantaeng.

"Di tiga daerah ini, perolehan kursi kita menurun. Tapi hanya di daerah itu yang turun. Jadi evaluasi kami hanya di tiga daerah itu," ungkap Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif saat ditemui Rakyatku.com di Sekretariat NasDem Sulsel, Jalan Botolempangan, Makassar.

Sementara untuk daerah lainnya, kata Syahar, hanya dibutuhkan konsolidasi-konsolidasi rutin demi merapikan kembali jaringan partai di setiap tingkatan.

"Daerah yang lainnya hanya butuh konsolidasi lagi kemudian merapikan kembali struktur dan infrastruktur partai. Saya sudah imbau kepada caleg terpilih untuk kembali melakukan pembinaan. Yang terpilih membina yang tidak terpilih. Setelah itu kita fokus pada Pilkada Serentak 2020," tutup Syahar yang juga wakil ketua DPRD Sulsel itu.

Loading...
Loading...