Senin, 03 Juni 2019 21:29 WITA

KPK: PNS Bisa Laporkan Gratifikasi Lebaran via Online

Editor: Nur Hidayat Said
KPK: PNS Bisa Laporkan Gratifikasi Lebaran via Online
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetap membuka layanan meski sudah memasuki liburan Lebaran Idulfitri. KPK melayani pelaporan gratifikasi lewat media online.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyampaikan, pelayanan ini lebih dikhususkan kepada aparatur sipil negara (ASN) yang menerima gratifikasi berupa bingkisan parsel atau sejumlah uang dalam momentum Lebaran tahun ini.

"Meskipun loket pelayanan gratifikasi di kantor KPK diliburkan, pelaporan tetap dapat dilakukan melalui aplikasi Gratifikasi Online (GOL)," kata Febri, Senin (3/6/2019).

Febri berujar, KPK baru akan melayani pelaporan gratifikasi via email, telepon atau datang secara langsung pada tanggal 10 Juni 2019, tepatnya seusai libur Lebaran.

"KPK mengimbau kepada para pegawai negeri dan penyelenggara negara untuk tetap melaporkan penerimaan gratifikasi terkait hari raya selama libur Lebaran," ujar Febri.

Loading...

Pelaporan gratifikasi ke KPK selama hari raya memang harus tetap dilakukan oleh para penyelenggara negara, karena ada konsekuensi hukumnya, terhitung sejak 30 hari setelah gratifikasi itu bila mana diterima.

"Sehingga, tidak ada alasan melewati batas waktu pelaporan sebagaimana ditetapkan UU, yaitu maksimal 30 hari kerja," ucap Febri.

Untuk bagi pejabat melaporkan gratifikasi, dapat melalui tautan https://gol.kpk.go.id atau dengan mengunduh aplikasi GOL di perangkat ponsel berbasis android melalui Google Play store atau melalui App store untuk ponsel dengan sistem operasi IOS.

Sumber: Suara.com

Loading...
Loading...