Senin, 01 Agustus 2016 22:08 WITA

500 Pasangan Akan Nikah Massal Dengan Atribut Merah Putih

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Sulaiman Abdul Karim
500 Pasangan Akan Nikah Massal Dengan Atribut Merah Putih
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto. (Muh Fadel)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, bekerjasama dengan Komunitas Peduli Kota Makassar atau Pelita, akan menyelenggarakan Resepsi Nikah Massal Merah Putih.

Kegiatan yang dilaksanakan di Anjungan Pantai Losari pada 6 Agustus 2016 mendatang ini akan menikahkan 500 pasangan suami istri di Kota Makassar. "Konsepnya akan unik. Setiap pasangan di rumahnya akan dipasang bendera merah putih. Tapi ada juga dipasang tanda-tanda khususnya," terang Wali Kota Makassar, Danny Pomanto di Kantor Redaksi Rakyatku.com, Senin (1/8/2016) malam.

500 Pasangan Akan Nikah Massal Dengan Atribut Merah PutihTerpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan, sebelumnya akan diadakan Sidang Isbat pada 3 hingga 4 Agustus 2016 di Gedung SMK 5 Makassar.

"Sidang Isbat ini adalah mengesahkan dan memberikan kartu nikah apabila telah sesuai dengan persyaratan yang ada untuk disahkan oleh pemerintah," papar Mukhtar pada Rakyatku.com, Senin (1/8/2016).

loading...

Mukhtar menambahkan, dari hasil Isbat itu akan keluar nama-nama keluarga untuk diberikan buku nikah dan akte kelahiran bagi yang telah memiliki anak.

"Nantinya pihak penyelenggara akan membuat resepsi pernikahan untuk 500 pasangan ini. Uniknya, pada acara resepsi mempelai wanita akan menggunakan baju bodo merah, sedangkan laki-laki mengenakan baju putih sebagai bagian dari rangkaian perayaan 17 Agustus," ujarnya.

Dari sudut pandang Dinas Sosial, penyelenggaran resepsi nikah massal ini memiliki dampak yang sangat besar. Utamanya dalam menjamin hak-hak anak yang sulit didapatkan jika pernikahan orang tuanya tidak tercatat secara resmi.

Tags
Loading...
Loading...