Minggu, 02 Juni 2019 17:01 WITA

Pohon Bilalang Ani Yudhoyono dan Kerudung Salat Istri Wali Kota Parepare

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Mays
Pohon Bilalang Ani Yudhoyono dan Kerudung Salat Istri Wali Kota Parepare
Ani Yudhoyono, menyiram pohon Bilalang di halaman Rujab Wali Kota Parepare, 2014 silam.

RAKYATKU.COM, PAREPARE — Sebuah pohon setinggi 4 meter, tegak di halaman depan Kantor Wali Kota Parepare. Pohon itu tampak tumbuh subur.

Tidak ada yang aneh dengan pohon jenis Bilalang. Namun pohon ini menjadi spesial, karena ditanam oleh almarhumah Ibu Ani Yudhoyono saat menemani Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan kerjanya di Parepare, 20 Februari 2014 silam.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe bahkan mengaku menyiram sendiri pohon tersebut, ketika memiliki waktu senggang di Rujab Wali Kota.

"Saya terkadang menyiram pohon ini sendiri, saya lakukan karena ini ditanam oleh ibu Negara pada masanya,” kata dia, Minggu (2/6/2019).

Taufan mengenang, saat menyaksikan  penanaman pohon Bilalang atau dalam bahasa setempat disebut sebagai Aju Pallapi, SBY beserta istrinya sempat bertanya jenis pohon ini.

"Saat itu, Presiden SBY didampingi istrinya bertanya, 'apa itu pohon bilalang atau aju pallapi? Jawab saya pohon bilalang jika besar menyerupai pohon beringin dengan ciri khas  dahannya yang rindang. Aju pallapi dalam bahasa Bugis diartikan pelindung. Saya menjawab pohon yang ditanam nantinya bisa melindungi," cerita Taufan.

loading...

Taufan pun menceritakan kenangan, saat menerima kunjungan SBY beserta mendiang istrinya di Kota Kelahiran Presiden RI ke-3, BJ Habibie.

“Tutur kata almarhumah sangat lembut. Saya amat terkesan dengan pribadi almarhumah sewaktu menginap di rumah jabatan, di mana Ibu Ani Yudhoyono menanam pohon Aju Pallapii yang saat sekarang masih terjaga baik. Dan Ibu (istri, Erna Taufan) juga memberikan kerudung salat dan Alquran kepada Ibu Ani Yudhoyono," ujar Taufan Pawe.

Taufan pun meminta seluruh masyarakat, utamanya warga Kota Parepare, memanjatkan doa kepada almarhumah.

“Mari kita sama-sama berdoa, semoga almarhumah diberi tempat yang layak di sisi-Nya,” pintanya. 

Loading...
Loading...