Senin, 03 Juni 2019 01:30 WITA

Presiden Filipina Klaim Dia Dulu Gay, Tapi Disembuhkan Wanita Cantik

Editor: Andi Chaerul Fadli
Presiden Filipina Klaim Dia Dulu Gay, Tapi Disembuhkan Wanita Cantik
FOTO: Reuters

RAKYATKU.COM - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte memulai pidatonya di Jepang pada hari Kamis dengan mengatakan kepada orang banyak bahwa pengritiknya, Senator Antonio Trillanes IV mirip dengan dia karena mereka berdua gay.

Tetapi, katanya, dia disembuhkan oleh wanita cantik yang membantunya menjadi pria lagi ketika dia menikahi istri pertamanya Elizabeth Zimmerman, dikutip dari Mirror, Senin (3/6/2019).

Berbicara kepada komunitas Filipina di Jepang, dia mengundang tiga wanita menarik yang berdiri di samping ruangan untuk duduk di depan.

Dia melanjutkan dengan mengatakan seseorang gay telah mengatakan kepadanya bahwa berdasarkan gerakan senator, pengritiknya Trillanes adalah homoseksual,  Rappler  melaporkan.

"Saya berkata," Apakah Anda yakin? "Mereka berkata," Anda bertanya kepada orang gay yang melihat Trillanes bergerak, mereka akan mengatakan dia gay. "Tidak heran. Untung saja Trillanes dan saya serupa. Tetapi saya menyembuhkan diri saya sendiri," katanya.

Dia menambahkan: "Ketika saya memulai hubungan dengan Zimmerman, saya berkata, ini dia. Saya menjadi seorang pria lagi."

Elizabeth Zimmerman (71) menikah dengan Presiden Duterte dari 1973 hingga 2000 dan mereka memiliki dua anak bersama. Saat berpidato, pacarnya yang lama, Honeylet Avanceña, 49, duduk di belakangnya.

Ketika dia mengundang para wanita itu, dia menjelaskan bahwa dia hanya mencari wanita yang belum menikah dengan usia yang sesuai.

Loading...

"Pertama, kamu seharusnya tidak menikah, oke. Kedua kamu bukan di bawah umur. Kamu Bu. Kamu ingin berciuman?

"Keempat orang itu datang ke sini. Biarkan mereka datang. Biarkan mereka masuk."

Duterte sebelumnya menggunakan istilah-istilah seperti 'bakla' dan 'bayot' - yang berarti gay - sebagai penghinaan terhadap musuh-musuh politiknya.

Dia tidak konsisten dengan pandangannya tentang pernikahan gay. Pada 2017 ia mengatakan di bawah hukum Filipina, perkawinan hanya antara seorang pria dan seorang wanita.

Pada akhir tahun yang sama dia mengatakan pada pertemuan LGBT, dia pikir hukum bisa berubah untuk memungkinkan pernikahan sesama jenis.

Selama pidato hari Kamis, Duterte menyatakan cintanya kepada Ms Avanceña, menyebut dia 'satu-satunya'.

Pasangan itu bertemu pada tahun 1998 ketika dia menjadi runner-up dari Mutya ng Dabaw - sebuah kontes kecantikan tahunan - dan dia adalah walikota pertama di Kota Davao.

Loading...
Loading...