Senin, 01 Agustus 2016 19:51 WITA

Bahayakan Pengguna Jalan, 17 Truk Bermuatan Lebih Ditilang

Editor: Jumardin Akas
Bahayakan Pengguna Jalan, 17 Truk Bermuatan Lebih Ditilang
ilustrasi truk bermuatan lebih

RAKYATKU.COM, MAROS - Selama tiga hari, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Kepolisian Resort (Polres) Maros sudah menilang 17 kendaraan yang didominasi truk bermuatan lebih yang membahayakan pengguna jalan.

Kasat Lantas Polres Maros, AKP Ernawaty mengatakan, Polres Maros turun langsung melakukan teguran dengan menilang. Diaharapkan dapat diteruskan ke pihak perusahaan yang mengirim barang agar barang sesuai muatan, termasuk keamanan barang tidak membahayakan pengendara lainnya.

Tilang tersebut dilakukan karena Maros hanya dijadikan tempat melintas bukan tempat start sehingga Polres tidak bisa melakukan pencegahan sejak kendaraan berangkat.

"Saya juga sudah koordinasi dengan petugas Dishub Pemprov di Jembatan Timbang  agar memperketat lagi demi keselamatan bersama. 17 kendaraan roda empat itu kta tilang siang belum malam," ujar Ernawaty Senin (1/8/2016).

Erna menuturkan, hal tersebut dilakukan karena banyak mobil mogok dan salah satu faktor penyebabnya kelebihan muatan sehingga pihaknya memperketat lagi. "Kalau mogok ditengah jalan, jalan sempit kan masyarakat yang rasakan. Macet panjang dan lain sebagainya," ungkapnya.

Sedangkan untuk berat truk merupakan wewenang Dinas Perhubungan. Ditimbangan hanya melihat dan menimbang. Meskipun berat, tidak boleh melebihi kapasitas muatan dan harus aman. Minimal ada tanda segitiga dipasang. "Sehingga dari jauh sudah kelihatan masyarakat juga bisa wasapada," tutupnya.