Minggu, 02 Juni 2019 09:29 WITA

AS Digulingkan oleh Singapura Sebagai Ekonomi Paling Kompetitif di Dunia

Editor: Suriawati
AS Digulingkan oleh Singapura Sebagai Ekonomi Paling Kompetitif di Dunia
INT

RAKYATKU.COM - Untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun, AS digulingkan sebagai ekonomi paling kompetitif di dunia.

Negara itu kini digantikan oleh Singapura di posisi teratas. Hong Kong berada di urutan ke dua, sementara AS harus rela duduk di rangking ke tiga.

Ranking itu berdasarkan peringkat tahunan yang dirilis oleh perusahaan riset IMD World Competitiveness Centre yang berbasis di Swiss.

Menurut IMD, harga bahan bakar yang lebih tinggi, ekspor teknologi tinggi yang lebih lemah, fluktuasi nilai dolar dan dampak perombakan pajak besar-besaran Presiden Donald Trump telah membuat AS jatuh ke tempat ketiga. 

Sementara itu, China, yang sedang berjuang dalam perang dagang dengan AS berada di urutan 14, turun satu peringkat dari tahun lalu.

World Competitiveness Centre didirikan pada tahun 1989 di sekolah bisnis IMD di Swiss, dengan memasukkan 235 indikator dari masing-masing 63 ekonomi.

Loading...

Pemeringkatan memperhitungkan berbagai statistik, seperti pengangguran, PDB dan pengeluaran pemerintah untuk kesehatan dan pendidikan, serta data dari Survei Opini Eksekutif yang mencakup topik-topik seperti kohesi sosial, globalisasi dan korupsi.

Informasi ini dimasukkan ke dalam empat kategori, kinerja ekonomi, infrastruktur, efisiensi pemerintah, dan efisiensi bisnis. Data itu kemudian digunakan untuk memberikan skor akhir bagi masing-masing negara.

Sepuluh negara teratas adalah Singapura, Hong Kong, AS, Swiss, UEA, Belanda, Irlandia, Denmark, Swedia, dan Qatar.

Venezuela, yang mengalami inflasi tetap berlabuh di peringkat bawah.

Loading...
Loading...