Kamis, 06 Juni 2019 18:00 WITA

NasDem Melesat di Pileg 2019 di Sulsel, Berikut Capaian-capaiannya  

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
NasDem Melesat di Pileg 2019 di Sulsel, Berikut Capaian-capaiannya  

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kontestasi Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 telah berakhir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah menetapkan para pemenang. Saat ini, tersisa tahapan gugatan hasil Pemilu yang sementara berproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

Di Sulawesi Selatan, Partai NasDem menjadi bintang di Pileg 2019. Partai besutan Surya Paloh tersebut melesat bak meteor dengan merajai nyaris semua tingkatan, baik di tingkat DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi maupun tingkat DPR RI.

Total 121 kursi diraih NasDem di Sulsel dari semua tingkatan. Rinciannya, untuk tingkat kabupaten kota, NasDem meraih 105 kursi, 12 kursi di tingkat DPRD provinsi dan 4 kursi untuk tingkat DPR RI.

Jumlah ini terbilang fantastis jika dibandingkan dengan Pileg 2014 silam. Untuk tingkat DPRD Provinsi Sulsel misalnya, jumlah kursi NasDem naik dari 7 di Pileg 2014 menjadi 12 kursi di Pileg 2019. Raihan ini mengantarkan NasDem berhak atas kursi wakil ketua I di DPRD Sulsel. Sementara itu, untuk tingkat DPR RI bertambah dari 2 kursi menjadi 4 kursi.

"Selain itu, Partai NasDem berhasil mendudukkan 5 orang caleg terpilih sebagai ketua DPRD di kabupaten/kota, 12 orang caleg terpilih sebagai wakil ketua DPRD kabupaten/kota, dengan total 17 kursi pimpinan," ungkap Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif saat ditemui Rakyatku.com di Sekretariat NasDem Sulsel, Jalan Botolempangan, Makassar.

Loading...

Torehan gemilang tersebut, kata Syahar, semakin lengkap setelah berhasil mengkudeta posisi Golkar di DPRD Kota Makassar. Dengan raihan 6 kursi, NasDem berhak atas kursi ketua DPRD Kota Makassar, menggeser Golkar yang harus puas dengan kursi wakil ketua III dengan raihan 5 kursi.

"Saya juga dapat informasi dari Bappilu DPP NasDem bahwa untuk peraih kursi terbanyak tingkat DPRD provinsi untuk NasDem di seluruh Indonesia itu berada di Sulsel dengan jumlah 12 kursi," tambahnya.

Berkat capaian-capaian tersebut, Syahar pun memberikan apresiasi khusus kepada seluruh fungsionaris Partai NasDem di Sulsel. Baru-baru ini pula, NasDem Sulsel memberikan penghargaan khusus atau award kepada seluruh caleg terpilihnya sebagai apresiasi atas keberhasilan tersebut.

"Kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang begitu tinggi atas capaian yang sungguh luar biasa ini. Hal tersebut tentu tak bisa diraih tanpa soliditas dan loyalitas para pengurus, baik didaerah, tingkat kecamatan sampai pada tingkatan ranting di Sulsel," pungkas Syahar yang juga wakil ketua DPRD Sulsel tersebut.

Loading...
Loading...