Minggu, 02 Juni 2019 07:00 WITA

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

RAKYATKU.COM - Momen Lebaran 2019 tinggal menghitung hari. Tradisi mudik biasanya akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Alhasil, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong.

Saat rumah dalam keadaan kosong inilah yang biasanya dikhawatirkan banyak orang. Nah, supaya tetap aman dan tenang selama ditinggal mudik, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Dilansir laman Indtimes, berikut ulasannya:

1. Matikan seluruh aliran listrik di rumah

Satu yang paling penting sebelum berangkat mudik, kamu perlu memastikan aliran listrik dalam keadaan padam. Kamu bisa mematikan semua saklar dan melepas semua kabel peralatan elektronik dari stop kontak. Tujuannya untuk mencegah potensi kebakaran akibat arus pendek listrik.

2. Lepas regulator dari tabung gas elpiji

Tabung gas juga menjadi hal yang cukup vital saat rumah dalam keadaan kosong. Pastikan kamu melepas regulator dari tabung gas. Setelah dilepas, pastikan tidak ada kebocoran gas saat regulator dilepas.

3. Matikan saluran air dan keran

Selain aliran listrik dan gas, kamu juga perlu memastikan semua saluran air dan keran dalam keadaan mati. Tujuannya supaya tidak membuang air dengan sia-sia. Kalau kamu menggunakan PAM, air yang terus mengalir, meski sedikit, bisa membuat tagihanmu membengkak.

4. Simpan barang-barang berharga di tempat yang aman

Saat mudik, kamu pasti tidak akan membawa semua barang berhargamu ke kampung halaman. Oleh karena itu, simpanlah di tempat yang aman.

Loading...

Simpan barang berharga dalam tempat yang berbeda-beda atau terpisah. Kamu juga bisa menyimpan perhiasan dan surat-surat berharga dalam brankas. Jika meninggalkan kendaraan, simpan dalam garasi dan pasang kunci ganda.

5. Pastikan pintu dan jendela terkunci dengan baik

Sebelum berangkat mudik, pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci rapat. Kalau perlu, tambahkan kunci pengaman untuk memastikan rumah dalam keadaan aman. Selanjutnya, jangan lupa bawa kunci-kuncinya dan simpan dengan baik.

6. Titipkan hewan peliharaan

Kalau kamu memiliki hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, jangan lupa menitipkannya di petshop. Pastikan hewan kesayanganmu dalam keadaan sehat sebelum ditinggal mudik. Bisa juga menitipkannya kepada tetangga yang tidak mudik. 

7. Lapor RT, RW, satpam, atau tetangga

Lapor kepada RT, RW, atau satpam perumahan sesaat sebelum pulang kampung jadi hal yang penting. Mereka bisa membantu mengawasi dan menjaga rumahmu supaya tetap dalam keadaan aman. 

8. Pasang CCTV

Kalau kamu punya bujet lebih, pasanglah kamera CCTV di beberapa bagian rumah, seperti halaman, garasi, kamar, atau ruang tamu. Pilihlah CCTV yang bisa kamu akses lewat HP-mu. Jadi selama di kampung halaman kamu tetap bisa memantau kondisi rumahmu.
 

Loading...
Loading...