Kamis, 06 Juni 2019 09:01 WITA

Bupati Gowa Ingin Semua SKPD Punya Akun Media Sosial

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Nur Hidayat Said
Bupati Gowa Ingin Semua SKPD Punya Akun Media Sosial
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

RAKYATKU.COM, GOWA – Perkembangan teknologi informasi saat ini harus dimanfaatkan oleh seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menginginkan seluruh Satuan Keja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Kabupaten Gowa untuk melek terhadap perkembangan teknologi informasi.

Perkembangan teknologi informasi, kata Adnan, harus dimanfaatkan oleh setiap SKPD untuk mengetahui kejadian yang terjadi dan sekaligus merespons keluhan masyarakat. Salah satunya dengan menciptakan inovasi dengan membuat akun sosial agar masyarakat di Kabupaten Gowa bisa langsung mengadukan keluhannya kepada SKPD terkait melalui akun sosial tersebut.

“Saya berharap setelah Pemilu ini, seluruh jajaran SKPD harus memiliki akun sosial media suapaya setiap kejadian atau keluhan masyarakat yang ingin menyampaikan keluh kesannya itu bisa disampikan melalui akun tersebut. Jadi, pelayanan kita bisa jauh lebih cepat karena setiap permasalahan langsung saya terima. Maka dari itu, saya butuh para pimpinan SKPD mampu meresponnya dengan cepat,” beber Adnan, Rabu (29/5/2019).

Pada penelusuran Rakyatku.com di beberapa unggahan di akun Instagram milik Adnan, tidak sedikit masyarakat Gowa yang menyampaikan keluhannya, seperti kelanjutan pembangunan jembatan Kembar, revitalisasi lapangan Syekh Yusuf, revitalisasi Stadion Kalegowa, hingga pelayanan medis di salah satu rumah sakit.

Dia juga mencontohkan, salah satu kejadian yang penah terjadi di Kabupaten Gowa beberapa waktu lalu dibutuhkan sebuah wadah komunikasi yang cepat agar dapat segera direspons. Salah satunya bencana longsor yang terjadi di dataran tinggi di Kabupaten Gowa pada awal 2019 lalu.

“Apalagi dengan kecanggihan teknologi pertelekomunikasian, kejadian yang ada di salah satu kecamatan beberapa waktu lalu, dalam kurun waktu satu menit dapat langsung diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Kejadian yang ada di Kabupaten Gowa sepersekian menit dapat diketahui di seluruh Indonesia. Itu karena kecanggihan teknologi dan informasi,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Gowa meningkatkan kualitas pelayanan publik di era keterbukaan ini, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui Layanan Aspirasi Online Rakyat (LAPOR) resmi diluncurkan pada Senin (6/5/2019) lalu.

Loading...

Adnan mengatakan, dalam rangka mendorong peningkatan kinerja pemerintah yang lebih berorientasi pelayanan berbagai langkah perbaikan terus dilakukan. Salah satunya dengan cara perbaikan pelayanan publik lebih cepat dan efisien.

"Pelayanan publik yang cepat dan efisien ini dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan melalui penguatan partisipasi masyarakat melalui pengaduan pelayanan publik, sehingga diperoleh pengelolaan pelayanan publik yang baik," ujarnya.

Dijelaskannya, seiring dengan kemajuan teknologi, pengelolaan pengaduan pelayanan publik tidak dapat lagi dilakukan secara manual. Pengaduan publik saat ini melalui aplikasi layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (LAPOR) sebagai aplikasi yang dipergunakan untuk mengelola pengaduan publik nasional yang terintegrasi dan keberlanjutan dalam suatu mekanisme.

"Olehnya itu, dengan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara online, tentunya masyarakat sudah sangat mudah dalam mengakses dan menyampaikan keluhannya kepada kita sebagai penyelenggara layanan apabila terdapat ketidaksesuaian pelayanan yang diberikan," jelas orang nomor satu di Gowa ini.

Dirinya pun berharap dengan hadirnya SP4N LAPOR ini setiap pengaduan nantinya akan segera mendapatkan respons dari Pemkab Gowa sebagai penyelenggara layanan.

Loading...
Loading...