Rabu, 29 Mei 2019 23:45 WITA

Kivlan Zen Diperiksa Terkait Rencana Pembunuhan 4 Tokoh

Editor: Aswad Syam
Kivlan Zen Diperiksa Terkait Rencana Pembunuhan 4 Tokoh
Kivlan Zen

RAKYATKU.COM, JAKARTA – Selain kasus makar, Mayjen (Purn) Kivlan Zen saat ini juga diperiksa terkait kasus rencana pembunuhan 4 tokoh nasional. Empat tokoh yang jadi target yakni, Menkopolhukam Wiranto, Gories Mere, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dilansir dari Viva, Polri saat ini masih mendalami hubungan antara Mayjen (Purn) Kivlan Zen, dengan enam orang yang sudah ditetapkan tersangka kasus rencana pembunuhan empat tokoh nasional. Keenamnya adalah HK alias Iwan, AZ, IF, TJ, AD, dan AF alias Fifi.

Pendalaman ini dilakukan dengan memeriksa Kivlan, terkait dugaan penyelundupan senjata api secara ilegal.

"Ya masih didalami, arah itu masih didalami. Yang jelas, bukti permulaan awalnya adalah menyangkut masalah senjata api," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 29 Mei 2019.

Hingga saat ini kata Dedi, pihaknya masih belum memastikan siapa aktor intelektual dalam rencana pembunuhan empat tokoh ini. Dalam pemeriksaan ini, polisi tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Nanti dalam pemeriksaan ya, dalam hal ini Polri tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah terhadap setiap orang. Nanti, akan didalami dulu, nanti hasil pemeriksaan akan kita sampaikan," ucapnya.

Belum cukup bukti, lanjut Dedi, menjadi salah satu alasan polisi belum bisa mengungkap siapa aktor intelektualnya. Menurutnya, semua alat bukti masih didalami dan jika sudah cukup akan dilakukan analisa gelar perkara.

Ia membantah, belum diungkapnya aktor intelektual karena adanya tekanan. Polri, lanjut Dedi, selalu bekerja berdasarkan fakta hukum dan pembuktian secara ilmiah. 

Loading...

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal menyebut enam orang sudah ditetapkan tersangka. Mereka adalah, HK alias Iwan, AZ, IF, TJ, AD, dan AF alias Fifi.

Iqbal menyebut, salah satu dari enam tersangka adalah desertir TNI, yakni IR. Sementara AF alias Fifi, adalah istri purnawirawan.

Mereka memiliki peran berbeda. Dan eksekutor telah beberapa kali menyurvei para target.

Iqbal menyebut HK dan TJ diduga menerima uang dari seseorang untuk membunuh empat tokoh nasional.

'Seseorang' yang memberikan perintah itu disebut Iqbal, sudah diketahui identitasnya, tetapi tidak diungkapkannya ke publik. Setelah tokoh nasional, pimpinan lembaga survei diketahui juga masuk target pembunuhan. Diduga dia adalah bos Charta Politica, Yunarto Wijaya.

Plot pembunuhan tokoh ini disebut-sebut sudah diatur sejak 2018.

Loading...
Loading...