Selasa, 28 Mei 2019 19:34 WITA

Miliarder Ingin Terbang ke Bulan, Sudah Keluar Banyak Uang, Akhirnya Malah Begini

Editor: Suriawati
Miliarder Ingin Terbang ke Bulan, Sudah Keluar Banyak Uang, Akhirnya Malah Begini
Harald McPike

RAKYATKU.COM - Seorang miliarder yang ingin mengunjungi bulan harus menelan kekecewaan setelah uangnya melayang dan dia tetap tak beranjak dari bumi.

Harald McPike adalah seorang petualang sejati. Dia telah pergi ke Kutub Utara, Kutub Selatan, serta memanjat puncak tertinggi di Afrika. Tapi itu tak cukup baginya, dan dia ingin pergi lebih jauh, yaitu ke bulan.

Jadi ketika perusahaan Virginia Space Adventures mengatakan kepadanya bahwa ia bisa masuk ke orbit bulan dengan dana sebesar $150 juta, dia tidak berpikir panjang.

Miliarder kelahiran Austria yang berbasis di Bahama itu segera memasukkan deposit $7 juta ke perusahaan pada tahun 2012.

Lima tahun kemudian, McPike tidak juga terbang, dan dia telah terjerumus ke dalam proses pengadilan untuk mendapatkan kembali setorannya.

Sebenarnya, McPike telah diberikan jaminan oleh Space Adventures bahwa dia bisa sampai ke bulan dalam enam hingga delapan tahun.

Namun, mengingat usianya yang sudah 60-an, dan menderita diabetes, ia khawatir jika butuh waktu lebih lama, ia tidak akan cukup sehat untuk bepergian ke luar angkasa.

loading...

Karena itu, dia berhenti melakukan pembayaran, dan Space Adventures membatalkan kontraknya. Mulai tahun 2017, dua tim hukum mahal memperebutkan depositnya.

Dalam proses pengadilan, pengacara Virginia Space Adventures mengatakan bahwa McPike tidak membeli kursi, melainkan "peluang" untuk menjadi bagian dari misi potensial ke bulan.

"Ini adalah fakta yang tidak dapat disangkal bahwa Rusia tidak pernah mengirim seorang manusia ke Bulan dan bahwa AS tidak melakukannya dalam empat puluh tahun," tulis mereka dalam pengajuan.

Menurut laporan, masalah itu telah diselesaikan pada bulan April, tapi tidak diketahui apa putusannya karena itu disegel. Masing-masing pihak sepakat untuk membayar biaya hukumnya sendiri tetapi tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai ke mana perginya uang.

Namun, yang pasti, Space Adventures masih berencana membawa manusia ke bulan. Di situs webnya, perusahaan itu berjanji bahwa "jika Anda memilih untuk bergabung dengan misi Circumlunar ini, Anda akan melihat sisi jauh Bulan yang diterangi, dan kemudian menyaksikan pemandangan menakjubkan Bumi di atas permukaan Bulan."

Tags
Loading...
Loading...