Senin, 27 Mei 2019 16:01 WITA

Pemkab Sidrap Ajak Warga Buat 'Pasar' di Pekarangan Rumah

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemkab Sidrap Ajak Warga Buat 'Pasar' di Pekarangan Rumah

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, biasanya masyarakat harus berbelanja ke pasar. Padahal kebutuhan pangan itu bisa dipenuhi dengan memanfaatkan pekarangan sendiri.

"Istilahnya kita dekatkan pasar dari rumah. Dengan mejadikan lahan sendiri untuk pemenuhan kebutuhan pangan," ujar Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Sidrap, Samuel K, Senin (27/5/2019). 

Hal itu disampaikannya saat bersama tim melakukan monitoring kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kelompok Wanita Tani Massumpuloloe Desa Tonrong Rijang, Kecamatan Baranti, belum lama ini.

Ikut dalam tim, Kasi Konsumsi dan Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Muhammad Irsul Z dan Koordinator Fungsional, Andi Rauf.

Loading...

Samuel menjelaskan, melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) masyarakat didorong untuk memanfaatkan pelarangan untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran, tanaman obat, ternak maupun ikan.

"Tujuannya agar masyarakat dapat mengkonsumsi pangan yg  beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA)," kata Samuel.

Selain itu, imbuhnya, kegiatan itu dapat mengembangkan ekonomi produktif keluarga, hingga mampu meningkatkan kesejahteraan. 

Tags
Loading...
Loading...