Senin, 27 Mei 2019 10:07 WITA

Bupati Barru Bagi-bagi Bolu Cukke di Mekah, Orang Arab Bilang "Wow Jadid"

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Aswad Syam
Bupati Barru Bagi-bagi Bolu Cukke di Mekah, Orang Arab Bilang
Bupati Barru, Suardi Saleh (kanan), saat berbuka bersama dengan jemaah umrah dari berbagai negara di Masjidilharam. Tampak Bolu Cukke dan kurma tersaji di depan mereka.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, melakukan umrah bersama istrinya, Hasnah Syam, sejak Senin, 22 Mei. Mereka akan kembali ke tanah air pada 2 Juni.

Saat berbuka puasa di Masjidilharam, Mekah, Suardi membagi-bagikan kue tradisional Bugis, "Bolu Cukke" yang Ia bawa khusus dari Barru. Kue itu dia bagi kepada jemaah dari berbagai negara.

Lewat pesannya di beberapa Grup WA Suardi mengaku, Bolu Cukke itu dibuat seorang warga bernama Salmiah dari Madello, Kecamatan Balusu. Ia bersyukur, karena Bolu Cukke ternyata disukai. Itu terbukti dengan reaksi jemaah yang langsung mengacungkan jempol setelah mencicipi kue tradisional tersebut.

Bupati Barru Bagi-bagi Bolu Cukke di Mekah, Orang Arab Bilang

Menurut Suardi, Ia dan istrinya tiba di Masjidilharam sekitar pukul 5 sore waktu setempat. Sesaat setelah masuk ke Masjidilharam, mereka membaca Alquran sambil menantikan waktu berbuka puasa. 

"Jam 5 sore saya bersama Ibu Dokter (sapaan istrinya), sudah berada di Masjidilharam, duduk membaca Alquran dan menanti berbuka puasa. Meski menunya ala kadarnya, tapi sangat nikmat sekali,” tulisnya.

Suardi mengaku sangat kagum melihat kebersamaan di Masjidilharam saat waktu berbuka tiba. 

Loading...

“Jemaah berebut ingin membagi kurma, roti satu biji bisa untuk 2, 3 atau 4 orang. Kelihatan sekali bahwa semangatnya adalah semangat berbagi, semangat saling membantu, dan kami sendiri hanya bisa membagikan bolu cukke Barru, produksi Ibu Salmiah dari Madello," katanya.

"Dan Alhamdulillah komentar jemaah.. 'wow JADID' sambil mengacungkan jempol kurang lebih mungkin artinya enak sekali. Alhamdulillah,” tuturnya.

Ia mengatakan, sangat sulit mengungkapkan betapa bahagianya dirinya bisa berpuasa dan berbuka di Mekah. 

“Saudaraku, di mana pun berada. Sekelumit rasa yang sulit terungkap ketika saya berbuka puasa di sini, di tanah kelahiran Rasulullah. Sungguh indah berbuka puasa bersama saudara-saudara kita di sini. Interaksi dan kebersamaan antara jemaah dari berbagai negara sangat terasa,” ujarnya.

Mantan Kadis PU Pinrang itu mengaku, Bolu Cukke sudah dipasarkan di Malaysia. Kami pun berharap juga bisa dipasarkan di Mekah.

Loading...
Loading...