Minggu, 26 Mei 2019 16:01 WITA

Program Kotaku Siap Ubah Wajah Gerbang Niaga Parepare

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Abu Asyraf
Program Kotaku Siap Ubah Wajah Gerbang Niaga Parepare
Ketua Pokja PKP Bidang Perencanaan, Zulkarnaen memimpin rapat Minggu(26/5/2019).

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Perencanaan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Parepare menuju tahap final.  

Pembangunan kawasan Gerbang Niaga agar lebih representatif di area Pasar Lakessi menjadi salah satu sasaran program Kotaku. 

"Ada dua perubahan perencanaan dalam pembahasan ini. Pertama, pembangunan jalan dan drainase dari Jalan Pelita langsung lurus ke arah Pantai Lakessi. Pembangunan ini melewati satu rumah tempat berjualan warga, namun warga sudah setuju untuk pembebasan lahan dan rumahnya," terang Ketua Pokja PKP Bidang Perencanaan, Zulkarnaen, Minggu(26/5/2019).

Kedua, kata Zulkarnaen, pembangunan TPS3R yang semula diusulkan satu lantai tetapi PMU pusat dari program Kotaku meminta untuk dua lantai.

Ini dimaksudkan agar proses pemilahan sampah pada kawasan kumuh juga mengakomodasi sebagian sampah Pasar Lakessi dan Pasar Rakyat Lakessi di lokasi itu.

"Setelah pembahasan di Bappeda ini selesai, selanjutnya pembahasan di SKPD teknis terkait untuk segera pelaksanaan program," kata Zulkarnaen yang juga kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah dan Ekonomi Bappeda Parepare.

Loading...

Rapat di Bappeda dihadiri Kepala Bappeda Parepare Samsuddin Taha, SKPD terkait di antaranya Dinas PUPR, Bagian Hukum, Bagian Aset, pengelola Gerbang Niaga, dan Tim Kotaku dari Kementerian PUPR.

Parepare pada tahun ini mendapat bantuan dana pusat senilai Rp14,2 miliar dari Kementerian PUPR lewat program Kotaku.

Bantuan ini untuk penanganan kumuh skala kawasan yang direncanakan lima kegiatan yakni reservoar, IPAL komunal, pembangunan jalan, pembangunan drainase, dan RTH.

Penanganan kumuh skala kawasan ini menyasar empat kelurahan di Parepare, yakni Ujung Sabbang, Lakessi, Kampung Pisang, dan Watang Soreang. 

Loading...
Loading...