Minggu, 26 Mei 2019 09:00 WITA

Perdagangan AS-Jepang Tegang, Trump Kunjungi Tokyo

Editor: Andi Chaerul Fadli
Perdagangan AS-Jepang Tegang, Trump Kunjungi Tokyo
FOTO: Reuters

RAKYATKU.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah tiba di Jepang untuk kunjungan seremonial sekaligus menyoroti hubungan bilateral di tengah-tengah ketegangan perdagangan yang berlarut-larut ketika Washington mempertimbangkan penerapan tarif pada ekspor mobil Jepang.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bertujuan untuk menggarisbawahi hubungan hangat antara kedua sekutu. Meskipun pemerintahan Trump baru-baru ini menganggap ekspor mobil ke AS sebagai potensi ancaman keamanan nasional, dikutip dari Presstv, Minggu (26/5/2019).

AS telah terlibat dalam perang dagang yang mahal dengan China untuk menghentikan apa yang dipandangnya sebagai perlakuan tidak adil Beijing terhadap perusahaan-perusahaan Amerika. Kebijakan Trump juga memunculkan ketegangan yang membara dengan Jepang dan Uni Eropa terkait perdagangan.

Sementara Trump dan Abe diperkirakan akan membahas perdagangan selama pertemuan yang direncanakan pada hari Senin, para pejabat kedua negara telah mengabaikan kemungkinan setiap kesepakatan selama kunjungan yang berlangsung hingga Selasa.

"Saya tidak berpikir mereka akan menemukan solusi terakhir pada pertemuan puncak ini," kata menteri urusan publik Takehiro Shimada di kedutaan besar Jepang di Washington dalam jumpa pers hari Kamis.

Sebaliknya, Shimada menambahkan, dia mengantisipasi kedua pemimpin itu akan "mengkonfirmasi pentingnya percepatan negosiasi" menuju "menciptakan win-win" agreement.

Loading...

Seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya yang dikutip dalam laporan Bloomberg juga mengecilkan prospek perdagangan, mengatakan itu bukan fokus dari perjalanan empat hari, yang dibangun di sekitar simbolisme hubungan dekat Washington-Tokyo. Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonimitas, lebih lanjut menegaskan bahwa presiden AS berencana untuk mempromosikan perdagangan bilateral, bebas dan adil selama percakapannya dengan Abe.

Trump menyatakan pekan lalu bahwa mobil impor mewakili ancaman terhadap keamanan nasional AS tetapi kemudian menyatakan penundaan dalam mengenakan tarif pada kendaraan impor dan suku cadang dari Jepang dan negara-negara lain selama 180 hari untuk mengejar negosiasi.

Seorang pejabat Jepang yang juga dikutip dalam laporan itu mengatakan bahwa Trump dan Abe tidak mungkin menyelesaikan sengketa perdagangan yang melibatkan tarif mobil selama kunjungan minggu ini.

Menurut laporan pers, pembicaraan diperkirakan akan berlangsung di tingkat menteri, dengan Menteri Ekonomi Jepang Toshimitsu Motegi dijadwalkan untuk menjadi tuan rumah Duta Besar Perdagangan AS Robert Lighthizer pada hari Sabtu.

Loading...
Loading...