Minggu, 26 Mei 2019 06:00 WITA

30 Orang di Iran Ditahan karena Ikut Kelas Yoga

Editor: Andi Chaerul Fadli
30 Orang di Iran Ditahan karena Ikut Kelas Yoga

RAKYATKU.COM - Sekitar 30 orang yang mengambil bagian dalam sesi yoga pribadi ditahan di Iran, menurut laporan. Hal itu memicu ledakan kemarahan di komunitas media sosial negara itu. 

Orang-orang ditangkap di kota utara Gorgan, di mana mereka tampaknya mengambil bagian dalam kelas campuran. Pejabat departemen kehakiman setempat Massoud Soleimani mengatakan instruktur itu, yang juga ditangkap, tidak memiliki izin untuk menjalankan kelas dan telah mengiklankan acara tersebut di Instagram, dikutip dari Express.co.id, Minggu (26/5/2019).

Dia juga mengatakan bahwa mereka yang mengambil bagian mengenakan "pakaian yang tidak pantas" dan telah "berperilaku tidak normal" dan bahwa pasukan keamanan telah memantau rumah untuk beberapa waktu sebelum penangkapan, kantor berita Tasnim melaporkan.

Saat mengungkap penangkapan, Mr Soleimani juga mengecam "kurangnya pengawasan kegiatan" di media sosial di negara itu .

Kisah penangkapan telah menyebabkan kegemparan online yang mengarah ke topik tersebut menjadi tren media sosial teratas, menurut BBC .

Seorang pengguna tweeted: "Pihak berwenang Iran berpikir bahkan kata yoga bermasalah berdasarkan Syariah."

Mengacu pada penyebaran kapal perang AS baru-baru ini ke wilayah lain menambahkan: "Suatu pendirian yang menemukan bahkan yoga berbahaya tidak perlu kapal perang USS Abraham Lincoln untuk mengakhiri keberadaannya."

Yang lain mengatakan mereka telah membatalkan rencana mereka untuk mendaftar ke kelas yoga setelah penangkapan di Gorgan.

Loading...

Seseorang mengkonfirmasi dalam sebuah tweet: "Saya kira pihak berwenang perlu memberi tahu kami apa yang sebenarnya kami boleh lakukan di negara ini."

Disiplin yoga Asia telah menjadi populer di Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Tetapi olahraga campuran dilarang oleh otoritas Islam negara teokratis itu.

Sementara latihan yoga tidak secara resmi dilarang mengajar di tingkat profesional, The Independent melaporkan, dan garis keras agama - yang dikenal sebagai Mullah - meratapi "pengaruh merusak " dari kegiatan spiritual.

Penangkapan yoga dilakukan hanya sehari setelah akun media sosial dari tiga musisi jalanan Iran dilaporkan ditangkap oleh pihak berwenang di negara itu karena menerbitkan "konten kriminal".

Sebuah pemberitahuan yang diposting pada masing-masing akun pada hari Kamis berbunyi: "Atas perintah otoritas yudisial yang terhormat, alamat web ini telah disita karena mempublikasikan konten kriminal dan mereka yang terlibat dalam kejahatan yang dicatat dalam kasus ini sedang dituntut."

Tags
Loading...
Loading...