Sabtu, 25 Mei 2019 16:57 WITA

Pidato Lengkap Pengunduran Diri Theresa May yang Bikin Baper

Editor: Aswad Syam
Pidato Lengkap Pengunduran Diri Theresa May yang Bikin Baper
Theresa May

RAKYATKU.COM, INGGRIS - Di atas podium, di halaman kantor Perdana Menteri Inggris, Theresa May beberapa kali harus mengelap pipinya dengan tisu. Pun dengan sudut matanya yang terus berair.

Hal itu menggugah simpati dari mereka yang hadir, mendengar pidato pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Inggris. Tak terkecuali, suaminya, Philip May.

Pengunduran diri ini, sebagai konsekuensi gagalnya Nyonya May menggolkan Brexit. Berikut pidato lengkap Theresa May:

"Sejak saya pertama kali melangkah melewati pintu di belakang saya sebagai Perdana Menteri, saya telah berupaya menjadikan Inggris sebuah negara yang bekerja tidak hanya untuk segelintir orang istimewa, tetapi untuk semua orang.

Dan untuk menghormati hasil referendum Uni Eropa.

Kembali pada tahun 2016, kami memberi orang-orang Inggris pilihan.

Melawan semua prediksi, rakyat Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa.

Saya merasa yakin hari ini seperti yang saya lakukan tiga tahun lalu bahwa dalam demokrasi, jika Anda memberi orang pilihan Anda memiliki kewajiban untuk mengimplementasikan apa yang mereka putuskan.

Saya telah melakukan yang terbaik untuk melakukan itu.

Saya merundingkan persyaratan keluar kami dan hubungan baru dengan tetangga terdekat kami yang melindungi pekerjaan, keamanan kami dan Serikat kami.

Saya telah melakukan semua yang saya bisa untuk meyakinkan anggota parlemen untuk mendukung kesepakatan itu.

Sedihnya, saya belum bisa melakukannya.

Saya mencoba tiga kali.

Saya percaya itu benar untuk bertahan, bahkan ketika peluang melawan kesuksesan tampak tinggi.

Tetapi sekarang jelas bagi saya bahwa adalah kepentingan utama negara bagi Perdana Menteri baru untuk memimpin upaya itu.

Jadi saya hari ini mengumumkan bahwa saya akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif dan Unionis pada hari Jumat 7 Juni, sehingga seorang pengganti dapat dipilih.

Saya telah setuju dengan Ketua Partai dan Ketua Komite 1922 bahwa proses pemilihan pemimpin baru harus dimulai pada minggu berikutnya.

Saya terus memberi tahu Yang Mulia sang Ratu tentang niat saya, dan saya akan terus melayani sebagai Perdana Menteri sampai prosesnya selesai.

Itu, dan akan selalu tetap, masalah penyesalan yang mendalam kepada saya bahwa saya belum bisa memberikan Brexit.

Pengganti saya akan mencari jalan ke depan yang menghargai hasil referendum.

Untuk berhasil, dia harus menemukan konsensus di Parlemen di mana saya belum mampu lakukan.

Konsensus semacam itu hanya dapat dicapai jika mereka dari semua sisi perdebatan bersedia berkompromi.

Selama bertahun-tahun kemanusiaan besar Sir Nicholas Winton - yang menyelamatkan nyawa ratusan anak dengan mengatur evakuasi mereka dari Cekoslowakia yang diduduki Nazi melalui Kindertransport - adalah konstituen saya di Maidenhead.

Di lain waktu kontroversi politik, beberapa tahun sebelum kematiannya, dia membawa saya ke satu sisi di acara lokal dan memberi saya nasihat.

Dia berkata, 'Jangan pernah lupa bahwa kompromi bukanlah kata yang kotor. Hidup tergantung pada kompromi.'

Dia benar.

Ketika kami berusaha untuk menemukan kompromi yang kami butuhkan dalam politik kami - apakah akan memberikan Brexit, atau untuk mengembalikan pemerintahan devolusi di Irlandia Utara - kita harus ingat apa yang membawa kami ke sini.

Loading...

Karena referendum bukan hanya panggilan untuk meninggalkan UE, tetapi untuk perubahan besar di negara kita.

Panggilan untuk menjadikan Inggris sebagai negara yang benar-benar berfungsi untuk semua orang. Saya bangga dengan kemajuan yang kami buat selama tiga tahun terakhir.

Kami telah menyelesaikan pekerjaan yang dimulai oleh David Cameron dan George Osborne: defisit hampir dieliminasi, utang nasional kami jatuh dan kami mengakhiri penghematan.

Fokus saya adalah memastikan bahwa pekerjaan yang baik di masa depan akan tercipta di masyarakat di seluruh negeri, tidak hanya di London dan Tenggara, melalui Strategi Industri Modern kami.

Kami telah membantu lebih banyak orang daripada sebelumnya menikmati keamanan pekerjaan.

Kami membangun lebih banyak rumah dan membantu pembeli pertama kali naik ke tangga perumahan - agar kaum muda dapat menikmati peluang yang dilakukan orang tua mereka.

Dan kami melindungi lingkungan, menghilangkan limbah plastik, mengatasi perubahan iklim dan meningkatkan kualitas udara.

Inilah yang dapat dicapai oleh Pemerintah Konservatif yang layak, moderat, dan patriotik, atas dasar kesamaan politik Inggris, - bahkan ketika kita mengatasi tantangan masa damai terbesar yang pernah dihadapi pemerintah mana pun.

Saya tahu bahwa Partai Konservatif dapat memperbarui diri di tahun-tahun mendatang.

Bahwa kami dapat memberikan Brexit dan melayani rakyat Inggris dengan kebijakan yang terinspirasi oleh nilai-nilai kami.

Keamanan; kebebasan; kesempatan.

Nilai-nilai itu telah membimbing saya sepanjang karier saya.

Namun keunikan kantor ini adalah menggunakan platform ini untuk memberikan suara kepada mereka yang tidak bersuara, untuk memerangi ketidakadilan yang membakar yang masih melukai masyarakat kita.

Itulah sebabnya saya menempatkan pendanaan yang tepat untuk kesehatan mental di jantung rencana jangka panjang NHS kami.

Itulah sebabnya saya mengakhiri lotre kode pos untuk mereka yang selamat dari kekerasan dalam rumah tangga.

Itulah sebabnya Audit Kesenjangan Ras dan pelaporan upah gender menyoroti tentang ketidaksetaraan, sehingga tidak ada tempat untuk bersembunyi.

Dan itulah mengapa saya mengatur penyelidikan publik independen ke dalam tragedi di Grenfell Tower - untuk mencari kebenaran, jadi tidak ada yang seperti itu bisa terjadi lagi, dan orang-orang yang kehilangan nyawa malam itu tidak akan pernah dilupakan.

Karena negara ini adalah Uni.

Bukan hanya keluarga empat negara.

Tapi persatuan orang - kita semua.

Apa pun latar belakang kita, warna kulit kita, atau siapa yang kita cintai.

Kita berdiri bersama.

Dan bersama-sama kita memiliki masa depan yang hebat.

Politik kita mungkin sedang tegang, tetapi ada banyak hal baik tentang negara ini. Sangat bisa dibanggakan. Sangat optimistis.

Saya akan segera meninggalkan pekerjaan yang telah menjadi kehormatan dalam hidup saya untuk dijabat - Perdana Menteri wanita kedua tetapi tentu saja bukan yang terakhir.

Saya melakukannya tanpa niat buruk, tetapi dengan rasa terima kasih yang sangat besar dan abadi untuk memiliki kesempatan untuk melayani negara yang saya cintai."

Loading...
Loading...