Minggu, 26 Mei 2019 01:00 WITA

SpaceX Luncurkan Satelit untuk Layanan Web Global

Editor: Andi Chaerul Fadli
SpaceX Luncurkan Satelit untuk Layanan Web Global

RAKYATKU.COM - Perusahaan roket Elon Musk, SpaceX telah mengirim 60 satelit kecil ke orbit rendah ketika ia bersiap untuk meluncurkan layanan internet baru.

Perusahaan teknologi itu berharap Starlink akan menghasilkan uang tunai untuk ambisinya yang lain di luar angkasa, termasuk terbang membayar pelanggan ke bulan dan mencoba menjajah Mars.

"Kami pikir ini adalah batu loncatan kunci dalam perjalanan menuju pembentukan kota mandiri di Mars dan pangkalan di bulan," kata Elon Musk, pemilik SpaceX, dikutip dari Sky News, Minggu (26/5/2019).

Satelit itu dibawa dengan roket Falcon 9 yang meluncur dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

Setelah melepaskan satelit, roket pendorong yang dapat digunakan kembali di pesawat terbang kembali ke Bumi dan mendarat dengan selamat di tongkang di Atlantik.

Batch satelit ini adalah yang pertama dari sekitar 12 yang dibutuhkan untuk menyediakan jangkauan internet yang konstan di sebagian besar dunia , kata Musk.

Loading...

Awalnya, Starlink hanya diizinkan untuk digunakan di AS, dan ia menghadapi persaingan yang ketat.

OneWeb meluncurkan satelit pada bulan Februari, sementara LeoSat Enterprises dan Kanada's Telesat juga berniat untuk membuat jaringan data.

Setiap jaringan akan menggunakan satelit kecil yang diposisikan lebih dekat ke bumi daripada satelit komunikasi tradisional.

Itu telah dimungkinkan oleh kemajuan teknologi laser dan chip komputer.

Tags
Loading...
Loading...