Jumat, 24 Mei 2019 20:40 WITA

Pria Singapura Posting di Facebook Cari Donor Hati untuk Ayah yang Sekarat

Editor: Aswad Syam
Pria Singapura Posting di Facebook Cari Donor Hati untuk Ayah yang Sekarat
Eddie Tan Beng Leong

RAKYATKU.COM, SINGAPURA - Pada 22 Mei, seorang pria bernama Leslie Tan Zheng Yu turun ke Facebook, untuk membuat panggilan darurat demi ayahnya, Eddie Tan Beng Leong, yang saat ini menderita penyakit hati tahap akhir di Singapura.

Kondisinya belum diketahui persis, tetapi dipahami bahwa ia berada dalam kondisi kritis.

Leslie menjelaskan, seberapa banyak penderitaan ayahnya dalam postingan Facebooknya yang emosional. Dia menjelaskan bagaimana ayahnya tidak dapat melakukan kebutuhan dasar manusia dan aktivitasnya.

“Hati tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 10 liter air terperangkap di dalam rongga tubuh. Dia tidak bisa makan, tidak bisa minum, tidak bisa tidur, dan dia berada dalam kesusahan dan rasa sakit yang abadi,” ungkapnya.

Dia juga berbagi foto untuk lebih menekankan pada penurunan kesehatan ayahnya, menunjukkan bagaimana perut ayahnya saat ini kembung tidak normal, mungkin karena air yang terperangkap di dalamnya.

Kondisinya semakin memburuk dan sejak itu dokter memberi ayahnya tinggal satu minggu lagi.

Loading...

Memanfaatkan kekuatan media sosial, Leslie berharap untuk menemukan donor hati yang cocok sesegera mungkin, bahkan membuat halaman Facebook bernama Appeal For Liver Donor untuk Eddie Tan Beng Leong.

Lebih lanjut Leslie menjelaskan, ia awalnya berencana menyumbangkan hatinya sendiri kepada ayahnya, tetapi golongan darahnya dan saudara lelakinya sayangnya tidak cocok, karena mereka berdua memiliki golongan darah A+.

Golongan darah O + hanya dapat menerima darah dan organ dari golongan darah yang sama.

Donasi hati biasanya hanya mengeluarkan sebagian dan bukan seluruh organ sementara donor diharapkan pulih dalam 2 bulan karena hati meregenerasi sendiri setelah prosedur dilakukan.

Menurut Leslie, ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi donor:

  • Berusia 21 hingga 55 tahun
  • Harus bugar secara medis
  • Golongan darah O+
  • Berat badan 70 kg hingga 95 kg
Loading...
Loading...