Jumat, 24 Mei 2019 19:42 WITA

Terciduk Makan di Depan Umum, 102 Orang Ditangkap Polisi Johor

Editor: Aswad Syam
Terciduk Makan di Depan Umum, 102 Orang Ditangkap Polisi Johor
Polisi Johor melakukan razia.

RAKYATKU.COM, JOHOR - Setidaknya 102 orang telah ditangkap di seluruh Johor karena tidak berpuasa di tempat umum oleh Jabatan Agama Islam Negeri Johor (JAINJ), ketika tindakan keras terus dilakukan terhadap mereka yang mencemari bulan suci Ramadan.

Asisten Direktur Utama Divisi Penegakan Syariah JAINJ Halid Sono mengatakan kepada Sinar Harian, mereka diberikan berbagai alasan mulai dari sakit perut hingga masalah lambung, ketika ditanya mengapa mereka memilih untuk makan di tempat umum.

Orang-orang itu ditangkap berdasarkan Pasal 15 (b).

Semua yang ditangkap adalah laki-laki berusia 18 hingga 55 tahun, yang ditemukan makan di restoran di berbagai lokasi di seluruh Johor, sementara satu ditangkap di dalam mobil di lokasi konstruksi.

Sembilan lainnya ditangkap berdasarkan Bagian 15 (a) Pelanggaran Pidana Syariah 1997, di mana mereka ditemukan menjual makanan, minuman, rokok, dan barang habis pakai lainnya kepada kaum muslim. Para tersangka penjualan diberi surat untuk menghadiri persidangan di Pejabat Islam Daerah, tempat laporan resmi direkam. 

Surat perintah penangkapan dikeluarkan untuk mereka yang tidak muncul.

Loading...

Mereka yang dinyatakan bersalah karena menjual dapat didenda hingga RM1.000 atau dapat menerima hukuman penjara kurang lebih 6 bulan atau keduanya, sedangkan mereka yang dinyatakan bersalah karena mengonsumsi makanan dan minuman atau merokok di tempat umum selama Ramadan dapat didenda hingga RM3.000 atau mungkin menerima waktu penjara tidak lebih dari satu tahun atau keduanya.

Warganet telah menyuarakan pendapat mereka tentang penangkapan, bingung dan mempertanyakan mengapa mereka akan makan di depan umum, mengingat mereka bisa makan di rumah atau di lokasi pribadi jika mereka tidak bisa berpuasa.

Komentar ini berbunyi: "Jika Anda lapar karena lambung atau pekerjaan yang membutuhkan angkat berat, berbuka puasa dan makan saja, tidak ada yang akan memukul bulu mata tetapi jangan melakukannya di ruang terbuka yang mengapa Anda ditangkap ... makan di rumah atau bahkan di tempat kerja Anda, Anda sudah tidak puasa mengapa Anda juga tidak menghormati orang lain, bahkan orang-orang dari agama lain memiliki rasa hormat yang cukup untuk tidak makan di depan seorang Muslim."

Yang lain mendorong pihak berwenang untuk mendenda dan menutup restoran yang buka lebih awal, menambahkan bahwa mereka dianggap mendorong orang untuk berbuka puasa.

Komentar ini berbunyi: “Menyergap semua kios yang menjual makanan sejak pukul 11 ??pagi, yang mendorong orang untuk berbuka puasa. Musim Ramadan akan mendorong penjualan, kata mereka. Ada satu di depan pabrik di Taman Bukit Kempas."

Loading...
Loading...