Jumat, 24 Mei 2019 22:00 WITA

Pernah Membalikkan Kekalahan di MK, Ini Reputasi Tim Hukum Prabowo-Sandi

Editor: Abu Asyraf
Pernah Membalikkan Kekalahan di MK, Ini Reputasi Tim Hukum Prabowo-Sandi
Bambang Widjojanto

RAKYATKU.COM - Masa gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi cukup mendebarkan. Penunjukkan Bambang Widjojanto, Denny Indrayana, dan Irmanputra Sidin sebagai tim kuasa hukum Prabowo-Sandi jadi daya tariknya.

"Saya sampaikan ketua tim hukum adalah Bapak Bambang Widjojanto. Beliau adalah mantan pimpinan KPK. Beliau tahu persis apa yang harus diperjuangkan di MK," kata Direktur Komunikasi dan Media BPN, Hashim Djojohadikusumo, Jumat (24/5/2019).

Bambang diketahui pernah menang dalam gugatan sengketa Pilkada di MK. Pada 2010, mantan wakil ketua KPK itu membela peserta Pilkada Kota Waringin Barat, Kalimantan Tengah Ujang Iskandar-Bambang Purwanto yang kalah dengan selisih suara hampir 10 persen.

Saat itu, pasangan Ujang Iskandar-Bambang Purwanto yang meraih 55.281 suara menggugat kemenangan Sugianto Sabran-Eko Sumarno yang meraih 67.199 suara ke MK. Selisih suara keduanya 11.918 suara atau 9,78 persen.

MK memutuskan kemenangan untuk Ujang Iskandar-Bambang Purwanto. Tetapi, Gubernur Kalteng Teras Narang menolak melantik Ujang-Bambang, sehingga keduanya dilantik oleh Mendagri Gamawan Fauzi.

Sengketa Pilkada di MK ini kemudian menjadikan Bambang sebagai tersangka kesaksian palsu tahun 2015 sehingga ia nonaktif dari jabatan wakil ketua KPK. 

Sementara Denny Indrayana adalah mantan wakil menteri hukum dan HAM. Profesor bidang hukum itu adalah penulis buku "Strategi Memenangkan Sengketa Pemilu di MK".

Loading...

Bambang dan Denny adalah dua dari setidaknya empat pengacara yang akan menjadi kuasa hukum Prabowo-Sandi dalam mengajukan gugatan sengketa Pilpres 2019 ke MK. Satu nama lainnya adalah Dr Irmanputra Sidin, pakar hukum tata negara asal Makassar. 

Ada juga Rikrik Rizkiyan yang ditunjuk menjadi koordinator pengacara.

Rikrik Rizkian adalah Ketua TGUPP DKI Bidang Harmonisasi Regulasi. Rikrik juga menjadi anggota TGUPP yang bertugas memberikan masukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Rikrik termasuk orang dekat Gubernur Anies Baswedan. Dia sudah mendampingi Anies saat menjadi kandidat gubernur menghadapi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon mengatakan gugatan akan didaftarkan ke MK pada Jumat malam (24/5/2019).


 

Loading...
Loading...