Rabu, 22 Mei 2019 21:42 WITA

Kandidat Kuat Ketua DPRD Sulsel Mengerucut pada 3 Nama Ini

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
Kandidat Kuat Ketua DPRD Sulsel Mengerucut pada 3 Nama Ini
Ince Langke

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kursi ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan periode 2019-2024, dipastikan tetap menjadi milik Partai Golkar. 

Partai berlambang beringin tersebut merebut kursi terbanyak, yakni 13 kursi dari 85 kursi di DPRD Sulsel.

Hanya saja, Golkar mesti menyiapkan figur baru. Pasalnya, Ketua DPRD Sulsel saat ini, Moh Roem, tak lagi maju di DPRD Sulsel. Mantan Bupati Sinjai dua periode itu memilih bertarung sebagai calon anggota DPD RI, walau kemudian dipastikan gagal terpilih.

Lantas siapa figur dari Golkar yang menguat? Berdasarkan informasi yang dihimpun Rakyatku.com, ada tiga figur yang disiapkan. Masing-masing Fachruddin Rangga, Ince Langke dan Andi Ina Kartika.

Di antara ketiganya, hanya Ince Langke yang bukan petahana. Fachruddin Rangga saat ini merupakan Anggota Komisi A DPRD Sulsel. Sementara itu, Andi Ina Kartika merupakan Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Pangerang Rahim yang maju di Pemilihan Wali Kota Parepare.

Loading...

Hanya saja, Ince Langke bukanlah figur baru. Dia merupakan politisi senior Partai Golkar. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Selatan. Pernah lima periode di DPRD Selayar. Lalu kemudian naik kelas menjadi anggota DPRD Provinsi Sulsel periode 2009-2014 lalu. Ince Langke juga pernah menjajal pertarungan bupati di Selayar, namun gagal.

Juru Bicara DPD I Partai Golkar Sulsel, Muhammad Risman Pasigai, menjelaskan, penentuan Ketua DPRD Sulsel bakal diputuskan oleh DPP Golkar di Jakarta. Sekalipun, DPD I Sulsel tetap akan mengajukan nama sebagai calon.

"Ada PO-nya (Peraturan Organisasi) dan diputuskan oleh DPP Golkar atas usulan DPD I Provinsi Sulsel," singkatnya, Rabu (22/5/2019).

Selain tiga nama tersebut, sebenarnya masih ada petahana lainnya yang juga berpeluang, yakni Sofyan Syam. Saat pemungutan suara, Sofyan adalah salah satu dari beberapa caleg yang meraih suara paling tinggi, yakni 36.207 suara.

Loading...
Loading...